Pantai Lamtengoh Aceh Besar Turut di Bersihkan

0
147

ACEH BESAR | LA -Puluhan anggota organisasi yang tergabung dalam Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh (KuALA), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Green Peace, WWF Sumatra, jarring Nusantara, Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Agama Islam (BEM PAI) Universitas MUhammadiyah Aceh melakukan aksi pembersihan pantai lamtengoh Aceh Besar, Minggu 26 November 2017.

Sekjend  Koalisi untuk Advokasi Laut Aceh(KuALA), Rahmi Fajri, mengatakan pihaknya melakukan aksi bersih pantai ini selain untuk mengampanyekan bebas sampah kepada masyarakat  juga dalam rangka  memperingati hari perikanan Indonesia.

“Hari ini kita melakukan aksi pembersihan pantai, kita berharap dalam aksi kampanye bebas sampah di laut supaya masyarakat yang berada disini untuk mengerti dan tidak akan membuang sampah lagi di sekitaran pantai,”  ujar Rahmi Fajri.

Dikarenakan  dengan melakukan pembuangan sampah di daerah kawasan pantai akan merusak merusak ekosistem laut, yang  kemungkinan akan timbulnya racun yang menyebabkan matinya ikan di perairan.

Ketua BEM PAI Unmuha, Afrizhal  mengharapkan  kepada seluruh masyarakat pantai untuk tidak melakukan pembuangan sampah sembarangan, apalagi melakukan pembuangan sampah di kawasan pantai.

“Dalam hal ini saya mengucapkan terima kasih kepada kawan yang telah menyempatkan waktunya untuk membersihkan pantai lamtengoh ini,”katanya.

Dirinya juga meminta kepada masayarakat untuk peduli terhadap lingkungan dalam hal ini  dengan ekosistem  laut. “karena penghasilan kita juga berasal dari laut, seperti pengambilan ikan,”

Untuk  pemerintah sendiri , Afrizhal juga meminta untuk lebih peduli terhadap lingkungan, menurutnya  bukan hanya di daratan, juga terhadap kehidupan pantai.

“Untuk bulan Desember ini  kita juga akan melakukan pembersihan pantai di wilayah Aceh Besar, yaitu di wilayah Pulau Aceh, daerah pulau nasi,” pungkas Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (BEM PAI), Unmuha. **

 

BAGIKAN

KOMENTAR