Panwaslih Kedepankan Preventif Dalam Pengawasan Pilkada 2018

0
72
Masrur Salamuddin, MA salah seorang komisioner Panwaslih Pidie Jaya. (Foto: LA/EM)

MEUREUDU I LA- Menyongsong pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pidie Jaya dalam pemilihan serentak tahun 2018, Panwaslih Pijay akan selalu mengedepankan  tindakan preventif (pencegahan).

“Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan pilkada berjalan sesuai dengan harapan masyarakat Pidie Jaya (Pijay). Metode pencegahan merupakan hal yang akan dilakukan mengingat dalam struktur Panwaslih mempunyai satu divisi pencegahan pelanggaran yang berfungsi untuk mencegah setiap pelanggaran terjadi. Setiap tahapan kita akan selalu mengedepankan pencegahan melalui sosialisasi, FGD dan tatap muka serta lainnya, meskipun tidak kita pungkiri pelanggaran bisa terjadi dimana dan kapan saja,” kata Masrur Salamuddin, MA salah seorang komisioner Panwaslih Pidie Jaya dalam siaran tertulisnya kepada liputanaceh.com, Minggu, (5/11/2017).

Ia mengatakan meskipun mengedepankan preventif, Panwaslih pastikan setiap pelanggaran akan diproses sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku . “Kita pastikan jika ada temuan atau laporan pelanggaran akan kita proses, baik pelanggaran etik, administrasi maupun pidana. Panwaslih juga mengajak masyarakat Pidie Jaya untuk turut serta dalam pesta demokrasi khususnya dalam pengawasan partisipatif masyarakat. Pengawasan partisipatif dari masyarakat sangat kami dambakan karena dapat membantu pengawasan setiap proses pelaksanaan tahapan pemilihan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu dan peserta pemilu,”lanjutnya.

Terakhir beliau mengharapkan kepada kita semua tidak saling curiga dan menyalahkan antara satu sama lain. Teruslah berjalan sesuai tupoksi masing masing sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku. “Marilah kita ciptakan atmosfir yang kondusif dan aman terkendali menuju pilkada yang berwibawa dan martabat di Pijay,” pintanya.(EM)

BAGIKAN

KOMENTAR