Pelancong Malaysia Diundang Nikmati Wisata Halal Indonesia

0
398

1933563IMG-20150818-163841780x390

KUALA LUMPUR – Kementerian Pariwisata RI mengundang para pelancong Malaysia menikmati wisata halal di Indonesia seperti di Provinsi Aceh, Sumatera Barat atau Nusa Tenggara Barat yang menjadi “Moslem Friendly Destination”.

“Kami mengundang pelancong asal Malaysia menikmati Wisata Halal di Indonesia,” ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Iqbal Alamsjah kepada wartawan media massa Malaysia di sebuah hotel berbintang di pusat kota Kuala Lumpur, Kamis (5/11/2015).

Dalam acara tersebut tampil juga narasumber lain yaitu Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didien Junaedy dan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Azwir Malaon.

Juga dihadiri Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, Budaya KBRI Kuala Lumpur, Trigustono Supriyanto dan perwakilan media dari Indonesia di Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Iqbal mengatakan Malaysia, yang penduduknya mayoritas beragama Islam, merupakan pasar strategis bagi Indonesia untuk mempromosikan wisata halal.

Apalagi jumlah pelancong asal negeri jiran ini ke Indonesia terus meningkat.

Iqbal saat Media Conference bertema Indonesia Tourism Insight: “Police and Strategy” di hadapan sejumlah media massa terkemuka di Malaysia menyampaikan Indonesia memiliki potensi bisnis dalam produk Islamic Tourism untuk dipromosikan seperti hotel, restoran dan spa yang berbasis syariah.

Dalam hal ini, Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan tiga daerah seperti disebut di atas sebagai lokasi percontohan untuk wisata halal.

Tradisi Praje Besunat dari masyarakat suku Sasak Lombok meriahkan carnaval bulan budaya Lombok Sumbawa. Acara digelar di sepanjang Jalan Pejanggik, Kota Mataram, Selasa (18/8/2015).
Bahkan, lanjut Iqbal, dalam ajang The World Halal Travel Summit 2015 yang berlangsung di Dubai beberapa waktu lalu, Lombok (NTB) dinobatkan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination, mengalahkan Amman (Jordan), Antalya (Turki), Kairo (Mesir), Doha (Qatar), Istambul (Turki), Kuala Lumpur (Malaysia), Marrakesh (Maroko) dan Teheran (Iran).

Tak hanya itu, Lombok juga memperoleh predikat sebagai World’s Best Halal Honeymoon Destination menyingkirkan Abu Dhabi (UAE), Antalya (Turki), Krabi (Thailand) dan Kuala Lumpur (Malaysia).

“Tak heran kalau Lombok mendapat predikat sebagai tempat wisata halal mengingat tempat itu juga mendapatkan julukan Kota Seribu Mesjid. Di mana saja selalu ada mesjid yang memudahkan wisatawan untuk melaksanakan sholat,” kata Iqbal. (kompas.com)

BAGIKAN

KOMENTAR