Pembeli Barang Bekas Menemukan Mortil Zaman Dulu di Aceh Tengah

0

ACEH TENGAH | LA –Mulyadi (45) yang merupakan warga desa Kebet kecamatan Bebesen yang bekerja sebagai pembeli barang  Bekas di seputaran wilayah Takengon, tiba-tiba kaget dikarenakan barang bekas yang dia bawa itu ternyata Mortil bahan peledak peninggalan Perang zaman,   Kamis, 18 Januari 2018.

Mulyadi yang ingin menjual hasil barang bekas yang dia kumpulkan, hari itu langsung membawanya ketempat penampungan barang bekas milik Abububakar. Saat mulyadi hendak mengeluarkan barang bekas dari dalam karung untuk di timbang kembali, Mulyadi pun membersihkan Mortir yang diduganya besi tua tersebut.

Sewaktu mulyadi menimbang barang itu mulyadi mengatakan “Berat Besi yang saya timbang itu 15 KG, panjangnya sekitar 40 CM, saya tidak tau kalau itu Mortir, saya pikir itu Besi tua karena sudah berkarat,” katanya.

“Waktu saya sedang besihkan karat besi itu datang orang tua tingal di sini juga (Desa Kebet-red), dia bilang kalau yang saya bersihkan itu adalah Bom Perang peninggalan zaman dulu yang di jatuhkan dari pesawat perang awas meledak katanya,” cerita mulyadi.

Ia pun langsung meletakkan benda itu di halaman tempat penampungan barang bekas tersebut, sebelumnya mulyadi juga telah sempat mengetok ngetok besi tua Mortil itu beberapa kali sambil membersihkanya.

Serontak Abubakar pemilik usaha penampung barang bekas tersebut juga kaget karena waktu itu Abubakar juga berada dilokasi setelah mengetahui itu adalah Mortil bahan peledak, Abubakar dan Mulyadi langsung melaporkan temuanya itu kepads Kepolisian.

Tidak lama kemudian pihak Kepolisian dari Polres Aceh Tengah tiba di rumah Abubakar tempat penampungan barang bekas itu, setelah megidentivikasi benda tersebut polisi langsung memasang garis Polici Line di lokasi Mortil tersebut.

Abubakar kepada liputanaceh.com mengatakan “Polisi datang dan melihat benda itu dan kemudian memasang Garis Polisi, Karena benda itu diduga adalah benar adalah Morti, hingga malam ini polisi terrus berjaga, tapi kami tidak tahu kalau Mortil  itu masih aktif atau tidak

Namun, menurut keterangan dikatakannya,  mungkin pagi nanti benda (Mortil) itu akan di ambil oleh Polisi dari pihak Gegana, tambah Abubakar.

Hingga malam ini liputanaceh.com belum bisa memintai keterangan dari pihak Kepolisian di lokasi, apakah Morti itu masih aktif atau tidak, amatan liputanaceh.com diloksi temuan Mortil itu, Polisi terus berjaga guna mengamankan lokasi dan melarang warga yang datang merapat ke mortil yang di temukan itu .

RAHMAD