Pemimpin Harus Menjaga Integritas dan Komitmen

0
42
Foto : Liputanaceh.com

BANDA ACEH |LA- Sebanyak 400 guru PAUD, SD, dan SMP se-Kota Banda Aceh mengikuti pelatihan “Character Building” di Gedung Unmuha Convention Center (UCC) Ahmad Dahlan, Batoh, Senin 27 November 2017.

Dalam acara tersebut mengusung tema “Peningkatan Karakter Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kota Banda Aceh”, acara yang digelar Disdikbud Banda Aceh bekerjasama dengan ESQ Learning Center ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah mengharapkan para peserta untuk tidak menyia-nyiakan pelatihan yang disebutnya sangat penting untuk meningkatkan kapasitas diri dan pembentukan karakter. Bahkan dirinya juga pernah mengikuti pelatihan serupa saat masih menjabat sebagai Dirut Bank Aceh.

“Salah satu pelajaran yang saya petik adalah seorang pemimpin harus benar-benar menjaga integritas dan komitmennya. Hal ini juga tentu berlaku bagi seorang guru,” katanya pada acara yang turut dihadiri oleh Ketua Alumni ESQ Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal dan Kadisdikbud Banda Aceh Syaridin tersebut.

Soal prestasi pendidikan, kata Aminullah, Banda Aceh patut berbangga karena berhasil menjadi yang terbaik di Provinsi Aceh. “Namun secara nasional Aceh masih berada di urutan empat dari bawah. Sementara di tingkat ASEAN, rangking pendidikan Indonesia berada di urutan kelima. Dan di tingkat dunia, posisi Indonesia di urutan 57,” ungkapnya.

“Hal ini harus menjadi perhatian dan tugas kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan kita. Di samping soal anggaran, program-program terkait peningkatan kapasitas guru termasuk kesejahteraan guru juga belum maksimal kita lakukan.”

Pada kesempatan itu, wali kota juga mengucapkan selamat Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72 yang diperingati pada 25 November lalu dengan tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja untuk Penguatan Pendidikan Karakter”.

“Tema ini saya pikir sangat sesuai dengan kondisi pendidikan kita saat ini, terlebih pendidikan adalah salah satu prioritas kami dalam membangun Kota Banda Aceh di samping pilar Agama dan ekonomi,” ungkapnya.

 

BAGIKAN

KOMENTAR