Pemkab Aceh Timur Laksanakan Sosialisasi Qanun Nomor 12

0
63

ACEH TIMUR|LA- Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan atau dikenal dengan istilah corporate social responsibility (CSR), merupakan aspek penting yang harus dilakukan p[erusahaan dalam operasionalnya.

Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan adalah komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat baik bagi perusahaan sendiri maupun masyarakat pada umumnya. Menyahuti hal tersebut, Bagian Hukum Setdakab Aceh Timur melaksanakan kegaiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Qanun Kabupaten Aceh Timur Nomor 12 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial dilingkungan perusahaan, yang pagi tadi dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, Safrizal, S.H, M.AP, bertempat di  Aula SKB Kecamatan Idi Timur.

Dalam sambutannya, Asisten Adminstrasi Umum Setdakab Aceh Timur mengatakan, berdasarkan pasal 74 Undang-Undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas, memuat ketentuan bahwa perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya dibidang dan/atau berkaitan dengan simber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dengan mengalokasikan dana yang diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajiban.

 Menurut ketentuan pasal 15 Undang-Undang nomor 25 tahun 2007 tentang penanaman modal di Indonesia  melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan, menghormati tradisi budaya masyarakat sekitar lokasi kegiatan usaha penanaman modal dan mematuhi peraturan perundang-undangan. Tanggung jawab sosdial dan lingkungan perusahaan/CSR merupakan salah satu peran strategis perusahaan untuk pengembangan dalam upaya meningkatkan efektivitas pelaksanaan CSR dalam agenda pembangunan daerah.

Ditambahkannya, adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memberikian informasi kepada masyarakat  dalam mengelola CSR sebagaimana yang diamantkan dalam Qanun Kabupaten Aceh Timur nomor 12 tahun 2016 tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Dalam laporannya, Pj.Kasubbag. Penyuluhan Hukum dan Dokumentasi Bagian Hukum Setdakab Aceh Timur, Cindy Wulandari, S.H mengatakan, kegiatan yang berlangsung 1 (satu) hari penuh ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari para Camat beserta perwakilan Kechik dan Tuha Peut Gampong dalam Kecamatan diwilayah Kabupaten Aceh Timur. Adapun pemateri terdiri dari unsur Kejaksaaan Negeri Aceh Timur, Pengadilan Negeri Idi, Akademisi dan Dinas Perindustrian, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Timur.

Hadir dalam acara pembukaan Sosialisasi ini, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Idi, Kasi Intel Kejari Idi, Kepala BKPSDM, Sekretris Disdikbud beserta tamu dan undanggan lainnya (Z)

 

BAGIKAN

KOMENTAR