Penyaluran BLT Tahap Pertama Gampong Blang Dalam Berjalan Lancar

0

PIDIE JAYA I Liputanaceh.com– Gampong Blang Dalam, Kecamatan Bandar Dua,  Kabupaten Pidie Jaya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap satu kepada 50 KK dampak Covid-19 berlangsung di Kantor Keuchik setempat, Kamis (21/5/2020).

Mukhtar MA selaku Sekdes Blang Dalam mengatakan pembagian BLT DD turut  dihadiri oleh Sekcam Bandar Dua, Danramil dan Kapolsek, Juga hadir Tuha Peut, pendamping desa, serta tokoh masyarakat gampong setempat dan unsur lainnya.

Ia menambahkan penetapan daftar keluarga penerima manfaat BLT dana desa tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Desa dan Perbup Bupati Pijay.

“Tahapan yang dilakukan dengan cara mendata dan melaksanakan musyawarah khusus gampong (musgamsus) untuk validasi dan verifikasi secara bersama calon penerima BLT dana desa dengan melibatkan seluruh perangkat gampong, tuha peut, pendamping desa, pendamping lokal desa, babinsa, bhabinkantibmas, tokoh masyarakat, dan unsur lainnya,” sambungnya.

Lebih lanjut, Mukhtar menyebutkaan, secara musyawarah dan terbuka kita membahas  calon penerima BLT dalam musgamsus dengan memisahkan Keluraga Penerima Manfaat (KPM) PKH, BPNT, Penerima BST Kemensos supaya tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan. Kemudian perangkat gampong, PNS dan pensiunan sebagaimana edaran yang disampaikan oleh Menteri Desa dan Bupati.

“Alhamdulillah penyaluran BLT Gampong Blang Dalam tuntas sesuai perbub dan permendes sebelum lebaran idul Fitri, jumlah dan yang layak sebagai penerima BLT sebanyak 50 KK masyarakat Miskin / Rentan imbas Covid-19 ,sesuai dengan Juknis dari permendes, selanjutnya masyarakat yang sudah duluan terdaftar sebagai penerima bantuan Via Bantuan Sembako Tunai 9 bulan  sebanyak 52 KK dan penerima terdaftar sebagai BST Pos 38 KK, terdaftar sebagai penerima PKH/BPNT ,61 KK, terdaftar sebagai penerima via BRI,2KK, selanjutnya tercatat sebagai PNS,Pensiun, TNI, Polri sebanyak 56 KK dan yang sisa tidak memenuhi syarat alias kategori sangat mampu 20 KK sedang di verifikasi ulang utk menerima BLT,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat Mustafa Muhammad menyebutkan proses penyaluran BLT tersebut berjalan sesuai agenda dan lancar.

“Alhamdulillah prosesi penyerahan BLT lancar, aman, dan tertib dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tutupnya.