Penyebab Kelelahan Berlebihan Padahal Sudah Istirahat Cukup

0

Liputanaceh.com | Pernahkah kamu merasa sangat kelelahan padahal sudah cukup tidur? Jika iya, kemungkinan besar itu pertanda bahwa kamu mengalami kelelahan berlebih (fatigue).

Kelelahan berlebih ditandai dengan rasa lelah yang sangat besar dan merasa tubuh kurang energi secara keseluruhan.

Lalu, apa sebenarnya penyebab selalu merasa kelelahan padahal sudah istirahat cukup? Dalam artikel ini akan diulas beberapa penyebab orang mengalami kelelahan ekstrim, dilihat dari segi medis, gaya hidup, dan psikologis.

Penyebab Kelelahan Berlebih Menurut Medis

Tidak seperti rasa lelah biasa, kelelahan ekstrim bisa berlangsung hampir setiap hari, bahkan setelah kamu cukup tidur di malam hari.

Menurut medis, ada berbagai macam kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim pada seseorang, antara lain:

1. Anemia

Anemia adalah suatu kondisi di mana kualitas atau jumlah sel darah merah dalam tubuh berkurang.

Seseorang yang mengalami anemia tidak memiliki cukup darah yang kaya oksigen, sehingga menyebabkan pusing, sesak napas, aritmia (detak jantung tidak normal), dan kelelahan berlebih.

Meskipun pada banyak kasus, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh (anemia defisiensi besi), anemia juga bisa jadi tanda kondisi serius seperti ulserasi di perut, penyakit ginjal atau anemia hemolitik autoimun.

2. Apnea tidur

Apnea tidur adalah gangguan tidur serius di mana orang tersebut tidak dapat bernapas saat tidur.

Hal ini dapat disebabkan baik karena adanya penyumbatan di jalan napas (lidah terjatuh di belakang tenggorokan saat tidur) atau karena ketidakmampuan otak untuk mengirim sinyal ke tubuh agar dapat bernapas.

Ketika mengalami apnea tidur, seseorang tidak hanya sulit bernapas, tetapi juga membangunkan mereka di tengah malam. Alhasil, tidur terganggu dan inilah yang menyebabkan kelelahan sepanjang hari.

3. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid, yang sebaliknya diperlukan untuk berbagai fungsi dalam tubuh.

Dengan tidak adanya hormon tiroid, orang tersebut cenderung menambah berat badan, mengalami nyeri pada otot dan mengeluh kelelahan terus menerus.

4. Diabetes

Kelelahan adalah salah satu gejala umum diabetes tipe-1 dan tipe-2. Akibat kelebihan glukosa dan resistensi insulin dalam darah, sel-sel tubuh tidak dapat menghasilkan energi sehingga orang tersebut merasa sangat lelah sepanjang waktu.

Penyebab Kelelahan Berlebih Terkait Gaya Hidup

1. Alkohol

Gaya hidup terlalu sering minum alkohol akan menekan sistem saraf dan mengganggu pola tidur normal tubuh. Akibat pola tidur terganggu, orang mudah tersinggung, marah, dan merasa kelelahan berlebih.

2. Kurang Bergerak

Olahraga secara teratur membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, mengurangi stres, dan juga mempertahankan siklus tidur.

Namun, jika tidak adanya aktivitas fisik (kurang bergerak), tubuh terasa lesu, kelelahan bahkan letih sepanjang hari.

Penyebab Kelelahan Berlebih dari Sisi Psikologis

1. Kecemasan

Kecemasan adalah keadaan khawatir atau takut yang bisa menjadi hal normal di beberapa titik kehidupan.

Tetapi, beberapa orang justru memiliki rasa cemas terus-menerus yang tak terkendali dan memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka.

Seseorang yang mengalami gangguan kecemasan umum akan mengalami sesak napas, kelelahan, sakit kepala, mual dan sulit tidur.

2. Depresi

Depresi adalah kondisi ketika seseorang mengalami suasana hati (mood) tertekan serta kurang bersemangat dan sulit tidur. Kondisi inilah yang meningkatkan rasa lelah bahkan membuat seseorang selalu merasa kelelahan meski sudah tidur cukup.

Nah, itulah beberapa alasan dan penyebab seseorang selalu merasa sangat kelelahan padahal sudah tidur cukup, menurut sisi medis, psikologi maupun gaya hidup.