Penyidikan Kasus Irwandi Yusuf Selesai

0
53

LA – Proses penyidikan terhadap tiga orang tersangka kasus dugaan suap terkait DOK Aceh 2018 telah selesai dilakukan. Hal itu disampaikan Jurubicara KPK Febri. Diansyah.

“Hari ini dilakukan pelimpahanan barang bukti dan 3 tersangka TPK Suap terkait pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 ke penuntutan tahap dua,” kata Jubir KPK Febri, Selasa (30/10).

Febri menerangkan, dalam waktu dekat direncakan dibawa ke persidangan, yaitu terhadap IY, Mantan Gubernur Aceh periode Februari 2007-Februari 2012 yang juga Gubernur Aceh non aktif periode 1017-2024 Irwandi Yusuf.

“Berkas yang dilimpahkan adalah berkas dalam penyidikan dugaan suap terkait DOK Aceh dan dugaan penerimaan gratifikasi,” sebut Febri Diansyah.

KPK juga akan melimpahkan berkas kasus yang sama dengan tersangka TSB (Teuku Saiful Bahri) kontraktor asal Sabang atau Saiful Tamitana (unsur swasta) dan tersangka HY (Hendri Yuzal) Staf Khusus Gubernur Aceh (unsur swasta).

Rencana sidang dilakukan di Pengadilan Tipikor Jakarta. Setelah setidaknya 121 saksi diperiksa terkait kasus tersebut. “Total sekurangnya 121 saksi telah diperiksa dalam dua perkara ini.” ungkap Febri.

Ketiga tersangka juga masing-masing telah diperiksa setidaknya empat kali dalam kapasitas sebagai tersangka.

Saksi lain yang diperiksa antara lain; Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Asisten II Sekda Provinsi Aceh, Kepala Bappeda Aceh Periode 2017-Sekarang, Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, PNS pada Dinas Pengairan Aceh, Dinas PUPR, Dinas Pemuda dan Olahraga Prov Aceh, Direktur Utama Pt Tuah Sejati dan sejumlah wiraswasta.

BAGIKAN

KOMENTAR