Perbaharui Manajemen Kinerja, ASN Dinas Dayah Ikut Sosialisasi Simanja

0

Banda Aceh | Liputanaceh.com – Untuk meningkatkan kinerja berbasis aplikasi, Aparatur Negeri Sipil (ASN) dilingkungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh mendapatkan pelatihan tata cara pengisian SKP dalam Aplikasi Sistem manajemen kinerja (SIMANJA).

Menurut Mukhsin Rizal, S.Hum. MA, Ketua Panitia Pelaksana acara, dalam laporannya mengatakan, acara pengisian Simanja diikuti oleh 72 peserta PNS dan 15 peserta pendamping dari tenaga kontrak.

Lanjut Mukhsin, salah satu yang dinilai dalam aplikasi Simanja ini adalah rasa tanggung jawab jawab atau responsibility dari setiap ASN.

Hal senada juga diperkuat oleh Azhari, S.Ag. M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dalam sambutannya mewakili Kadis, Usamah El Madny, S.Ag. MM. “ pelatihan ini sebagai upaya memperbaiki kinerja PNS”, jelasnya pada cara yang berlangsung di Aula Lantai III dinas tersebut pada, Jumat, 13 Maret 2020.

Azhari juga menjelaskan, bahwa Simanja adalah sebuah konsep reformasi birokrasi yang telah lama disiapkan, namun baru terealisasi pada hari ini.

“Simanja adalah sebuah konsep instrumen yang akan mendorong reformasi birokrasi yang telah disiapkan sejak lama”, jelas Azhari.

Dalam sistem Simanja tambah Azhari, ada hal-hal penting yang akan dinilai sebagai tolak ukur terhadap kinerja PNS. Untuk itu dia berharap kepada para peserta untuk mengikuti acara pelatihan secara serius hingga tuntas.

Para peserta pelatihan Simanja dipandu oleh dua narasumber dari Badan Kepegawaian Aceh (BKA) yaitu: Khairil Akbar, S. Kom. M.Scb dan Sulastri, SE. M.Si.

Di sela pelatihan, Kasi Perencanaan dan Evaluasi Kinerja BKA mengatakan Aplikasi ini memudahkan para ASN untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan evaluasi kinerja secara efisiensi dan terukur,” untuk itu diharapkan kepada ASN di Dinas Dayah dapat mengikuti acara ini dengan seksama dan sampai dengan selesai, demikian.[]