Personel Kodam IM Ikuti Sosialisasi dan Uji Petik P4NG

0

BANDA BANDA |LA- Sebanyak 400 personel Kodam Iskandar Muda mengikuti sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4NG) TNI AD dari Tim Terpadu Staf Umum Pengamanan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat  (Spamad).

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari di lapangan Indoor Jasdam IM, Banda Aceh tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigjend TNI A. Daniel Chairdin, Rabu (25/7/18).

Pembukaan sosialisasi dan Uji Petik (P4NG) tersebut dihadiri Waaspam Kasad Brigjen TNI Makmur Umar, S.A.P., M.M, para PA Ahli Pangdam IM, para Asisten Kasdam IM dan para Kabalak.

Kasdam IM mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dimaksud, untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran para prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat tentang bahaya narkoba.

Sedangkan Uji Petik, untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan hukum di kalangan prajurit dan PNS TNI Angkatan Darat, untuk tidak terlibat dalam penyalahgunaan dan Peredaran narkoba di lingkungan khususnya di Kodam Iskandar Muda.

Selain itu, kegiatan sosialisasi tersebut, untuk memberikan bekal kepada prajurit tentang bahayanya narkoba.

” Karena mereka (Prajurit TNI) nantinya, menjadi agen-agen yang menyebarkan informasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat ataupun dilingkungan keluarga,” kata Kasdam.

Sementara Aspam Kasad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam amanatnya yang dibacakan Waaspam Kasad Brigjen TNI Makmur Umar, S.A.P., M.M mengatakan, bahwa Indonesia saat ini mencapai tahap yang sangat mengkuatirkan.

“Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo menyatakan, bahwa Indonesia sudah memasuki darurat Narkoba. Dimana,  barang haram tersebut telah memakan korban 40 sampai 50 orang setiap harinya,” katanya.

Aspam Kasad menghimbau dan mengajak prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Angkatan Darat, khususnya TNI dan PNS Angkatan Darat di jajaran Kodam IM, untuk menghindari penyalahgunaan narkoba.

“ Jangan sampai kita mengguna narkoba, apalagi pengedar atau Bandar peredaran narkoba, karena tentunya akan mendapat sanksi dan hukuman yang berat yaitu pecat,” tegas Aspam Kasad dalam amanatnya.

Selanjutnya para peserta menerima pengetahuan tentang bahaya narkoba yang disampaikan langsung oleh pemateri dari tim pendamping Uji Petik P4GN diantaranya, Letkol Cpm Hendra Yusvidar dari Puspomad,  Mayor Ckm Sukardi dari Puskesad dan Mayor Chk Ahmad Solihin, SH. MH dari Ditkumad.

Pantauan lokasi, saat sosialisasi sedang berlangsung, Tim dari Spamad melakukan Pemeriksaan Urine kepada 400 perserta secara bergilir.

Dari hasil pemeriksaan kepada 400 Personil, Tim terpadu Spamad tidak menemukan adanya Personel yang terlibat dalam tindak penyalah gunaan Narkoba (Negative).