Pesawat TNI Disiapkan Bantu Rekayasa Cuaca

0

5562c4430423bd67168b4567

Jakarta – Salah satu solusi mengatasi bencana asap akibat kebakaran lahan dengan hujan buatan. Rencananya akan dibuat rekayasa cuaca di daerah yang terkena bencana asap. TNI akan memberikan bantuan dukungan pesawat dalam proyek rekayasa cuaca ini.

“Kemudian TNI mendukung Helikopter, dan pesawat CN 295, dan Hercules, Cesna untuk rekayasa cuaca,” jelas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo usai rapat penanggulangan bencana asap di Kementerian LHK di Manggala Wanabakti, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/9/2015).

Yang terpenting memang dalam rekayasa cuaca ini adalah awan hujan. “Iya tergantung banyak titik hotspotnya kemudian tergantung ada awan hujannya atau tidak,” tambahnya.

Menurut Gatot, tak hanya di udara, personel di darat yang ada di daerah juga membantu melakukan pemadaman. Bila jumlahnya tak cukup, akan dikerahkan bantuan dari pusat.

“Personel di daerah masing-masing sudah tersebar banyak jumlahnya. Sementara ini dari semua gubernur, masih cukup katanya yang di daerah-daerah, tapi saya menyediakan pasukan saya, di mana daerah minta, kita tinggal terbangkan dengan pesawat kita,” urai Gatot.(Detik)