Pesona Ombak di Selatan Aceh

0

Oleh Edy Wijaya (Pegiat Surfing)

Kabupaten Aceh Selatan adalah daerah yang memiliki banyak potensi destinasi wisata, seperti wisata bahari, wisata sejarah, wisata alam dan juga wisata kuliner. Khusus wisata alam dan bahari, Kabupaten Aceh Selatan mampu bersaing di tingkat nasional bahkan internasional untuk menarik wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Untuk mencapai kesempatan itu, Pemerintah Aceh Selatan melalui Dinas Pariwisata, di tahun 2020 ini mendaftarkan salah satu potensi unggulannya dari segi bahari yaitu wisata selancar ombak (surfing)  yang berada di Samadua melalui program Anugrah Pesona Indonesia (API 2020).

Anugrah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam upaya meninggkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata yang ada di seluruh Indonesia.

Berkaitan dengan itu, industri wisata surfing sendiri di seluruh dunia bukanlah industri kecil. Saat ini tercatat industri wisata surfing adalah industri yang sangat besar  yang mampu menumbuhkan industri lain yang berkaitan dengan pariwista dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menghasilkan pendapatan daerah yang tidak sedikit.

Pemilihan destinasi wisata surfing di Samadua ini sudah sangat tepat, mengingat pesona ombak yang terdapat di pesisir pantai kecamatan Samadua sangatlah cocok untuk berselancar. Hal ini dapat menarik peselancar asing dari seluruh negara untuk bermain surfing di lokasi ini, sehingga dapat menumbuhkan industri pariwisata lain di sekitarnya seperti hotel, homestay, restoran, transportasi, retail juga industri lainnya.

Dalam kesempatan yang baik ini, Pemerintah Aceh Selatan mengajak seluruh masyarakat Provinsi Aceh khususnya masyarakat Aceh Selatan, untuk sama-sama kita pilih (vote) Destinasi Wisata Surfing Samadua agar bisa menang di Anugrah Pesona Indonesia (API) 2020, dengan cara ketik: API 8G SMS ke 99386.

Harapan kita Aceh Selatan dapat lebih dikenal di Indonesia dan mancanegara. Semua ini demi kepentingan memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan di bidang pariwisata.