Pimpinan DPD RI Komite I, Dukung Pemekaran Provinsi Papua Tengah dan Papua Selatan

0
Fachrul Razi, Senator Asal Aceh. (foto/ms)

Jakarta | Liputanaceh.com – Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) oleh Ketua Tim Pemekaran Provinsi Papua Tengah Isaias Dow, S.Sos., MAP di dampingi enam Bupati Wilayah Tengah Papua dengan Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerja Sama (PPKK), Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UGM di kampus UGM Yogyakarta pada tanggal 2 November kemarin, maka Pimpinan DPD RI Menyatakan sikap pada dini hari Minggu, (03/11/2019).

Sikap Pimpinan DPD RI Komite I lewat via whatshap kepada pers tadi pukul 10.00 WIB dengan tegas “Sebagai Senator DPD RI dan dipercaya sebagai Pimpinan Komite I DPD RI mendukung sepenuhnya pemekaran wilayah provinsi Papua Tengah sebagaimana permohonan beberapa bupati. namun juga saya mendukung Papua Selatan” tegas Fachrul Razi Senator Asal Aceh ini.

Fachrul menambahkan “kami sudah mengkaji secara objektif terkait dengan kondisi sosial, politik, ekonomi dan budaya, maka Papua layak di mekarkan beberapa daerah otonom, agar menjadi daerah otonom baru” cetus pimpinan DPD RI ini.

“Kemarin saya sudah mendapat info di media, bahwa DPD RI akan membentuk pansus Papua, dan wakil Ketua DPD RI bapak Nono Sampono menunjuk kami agar bekerja terkait dengan pemekaran Papua, kami setuju dan mendukung agar Papua segera di mekarkan”.

Kita akan kawal Janji Presiden Jokowi untuk memekarkan Papua Tengah dan Papua Selatan. “Papua itu layak menjadi 3-7 Propinsi tapi harus sesuai kepentingan rakyat banyak,” jelasnya.

“Tentu pendekatan akademik di lakukan UGM kita harapkan, agar masa depan Papua lebih baik dan maju”. Tutup Fachrul Razi.