Pipa PDAM Bocor,  1600 KK Tidak Menikmati Air Bersih

0
52

ACEH TENGAH | LA – Pipa PDAM bocor akibat alat berat BPBD bekerja  membersihkan Drainase yang tersumbat saat hujan deras beberapa hari yang lalu di Jalan Sengeda dekat SPBU Petro Aceh.

Akibat Pipa PDAM  tersebut bocor, sekitar 1600 Kepaka Keluarga (KK)  yang ada diseputaran kota Takengon dalam dua hari tidak bisa menikmati Air bersih milik PDAM.

Beberapa desa dan Kecamatan Air PDAM macet dan bahkan air PDAM sama sekali tidak mengalir seperti di desa Lentik Kebayakan, Gunung Balohen, Lot Kala, Jalan Sengeda, Bom, dan Lut Tawar,  menurut data pihak PDAM Aceh Tengah yang di terima liputanaceh.com, Sabtu 9 September  2017.

“Pipa yang bocoran dan patah ini Akibat Alat berat BPBD saat membersihkan saluran drainase karena sumbat waktu hujan deras beberapa hari yang lalu, pipa induk PDAM ini mengalirkan air kebeberapa cabang pipa yang ada di seputaran perkotaan Takengon Termasuk Rumah Sakit Datu Beru juga ,”  kata irwansah Kabag Operasional lapangan PDAM Aceh Tengah.

Amatan liputanaceh.com di lokasi jalan Senggeda,  Nunag Antara tepatnya yang sering dikenal dengan nama Jalan Lintang,  di dekat SPBU Petro Aceh itu Ada terlihat pihak PDAM yang sedang melakukan perbaikan Pipa saluran Air Bersih milik PDAM Takengon.

“kami sudah ditelpon pelanggan kami terus dalam beberapa hari ini dan kami harus mengatakan kepada pelanggan kami, Atas nama PDAM Aceh Tengah meminta maaf karena kejadian yang diluar pengetahuan kami, penyebab patahnya pipa induk ini akibat galian oleh alat berat BNPB tekengon beberapa hari yang lalu di lokasi jalan sengeda ini, kami sedang memperbaikinya dan Insya Allah Air PDAM akan segera rampung serta air bisa di alirkan kembali secara normal,”  ujar Irwansya di lokasi Pipa yang bocor itu.

Sebelumnya dikatakan oleh Irwansya pihak PDAM sudah mengatakan kepada pihak BPBD saat itu kalau membersihkan dan membuat lebar drainase di Jalan  senggeda jalan Lintang itu awas ada Pipa PDAM, terang dia.

” Tetapi kenyataan kita lihat semua sudah terjadi pipa bocor, air yang belum normal datang ke rumah mereka termasuk rumah sakit umum datu beru, kami pihak PDAM akan bekerja sampai selesai walaupun sampai tengah malam nanti,”  Katanya.

Sementara Tamrin, selaku Kepala BPBD Aceh Tengah mebenarkan hal itu terjadi saat dihubungi liputanaceh.com membenarkan pipa yang bocor akibat Alat Berat yang bekerja saat hujan deras beberapa hari yang lalu di lokasi jalan lintang itu.

“Iya hujan deras beberapa hari yang lalu kami memebersikah Drainase yang sumbat akibat Batu dan sampah yang turun di sekitar jalan lintang itu,  tapi ada warga disekitar jalan Sengeda Nunang Antara menyuruh pihak BPBD utuk membersikan drainase di lokasi pipa yang bocor itu karena di lokasi itu saat musim hujan deras airnya meluap dan tergenang di jalan raya itu, makanya saat alat berat langsung bekerja dan tanpa disegaja pipa milik PDAM terkena alat berat saat itu, sebut Tamrin melalui via telpon selular ketika dikonfirmasi oleh Liputanaceh.com.

“Kita BPBD dan pihak PDAM sudah melakukan Komunikasi  tadi dan akan menyelesaikannya secara bersama,” tutup Tamrin.

( Rahmad / Ikhsan Mahtawar)

BAGIKAN

KOMENTAR