Platini Juga Ajukan Banding

0

download (2)

Zurich – Michel Platini juga memanfaatkan kesempatan untuk mengajukan banding menyusul hukuman dari Komite Etik FIFA. Presiden UEFA itu melakukan hal yang sama dengan Presiden FIFA, Sepp Blatter.

Platini dijatuhi skorsing selama 90 hari oleh Komite Etik FIFA pada Kamis (8/10/2015). Hukuman serupa juga dijatuhkan kepada Blatter dan Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke.

Jatuhnya hukuman ini membuat Platini, Blatter, dan Valcke tidak bisa terlibat dalam segala aktivitas sepakbola selama periode hukuman. Hukuman mereka bisa ditambah 45 hari lagi jika dirasa dibutuhkan.

Hukuman terhadap ketiga orang itu didasari pada investigasi terkait adanya dugaan korupsi di FIFA dan keterlibatan mereka di dalamnya. Namun, mereka bertiga kompak mengaku tak melakukan kesalahan apapun.

Pada Jumat (9/10), Blatter mengajukan banding atas hukuman ini. Sehari setelahnya, Platini juga mengajukan banding ke Komite Banding FIFA yang diketuai oleh Larry Mussenden.

Hukuman yang diterima Platini membuat pencalonannya sebagai Presiden FIFA pengganti Blatter jadi tidak jelas. Komite Eksekutif FIFA akan melakukan rapat darurat pada 20 Oktober mendatang untuk membahas pemilihan presiden baru, yang rencananya digelar pada 26 Februari 2016. (detik.com)