Plt. Gubernur Aceh Minta Bupati Fasilitasi Liga Aceh 2018

0
50

Banda Aceh –  Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah minta Bupati/Wallikota se- Aceh ikut mendukung dan memfasilitasi kegiatan turnamen  Liga Aceh 2018 yang dibabak penyeisihan di selenggarakan di  empat wilayah.

“Kami berharap bupati daerah  tuan rumah Liga Aceh kiranya dapat menjalin kerjasama dengan semua  pihak,. Dapat memberikan dukungan penuh baik alokasi anggaran maupun penyediaan lokasi yang memadai”.

Harapan itu diungkapkan, Plt. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam pidato tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Darmasyah, S.Pd,M.Pd  pada acara  Launcing Liga Aceh, Rabu (31/10/2018) malam di  Hotel Grand Aceh, Lamdhom, Aceh Besar.

Hadir pada acara unsur  Ketua DPRA  diwakili, unsur wali forkopimda Aceh, Pangdam, Kajati Aceh, para Bupati/ Walikota se- Aceh, Para Ketua KONI Aceh, Ketua KONI kab/kota se- Aceh, Asprof PSSI Aceh, para kadispora kab/kota se-Aceh, para manager  sepak bola se- Aceh yang berhadir dan undangan berbagai eleleman lembaga terkait.

Kadispora, Darmansyah sebelum membacakan pidato Plt Gubernur Aceh, menjelaskan seyogianya acara ini dihadiri langsung  oleh plt. Gubernur Aceh , Ir. Nova Iriansyah, namun posisi beliau masih di luar negeri yaitu di Korea, sedangkan  Sekda Aceh sudah berangkat ke jakarta, asisten dua pun tidak berada di tempat, terakhir Asisten Dua minta Kadispora mewakili Plt. Gubernur Aceh  melauncing acara  ini.

Tadi atas nama pemerintah Aceh telah menyerahkan bendera Liga Aceh, harpan kita, sekali kita kibarkan kita tidak akan  mundur lagi, dan liga Aceh ini menjadi event tahunan di masa yang akan datang, kata Darmansyah membacakan pidato Plt. Gubernur Aceh.

Dikatakannya, Liga Aceh langkah awal,  sesuai dengan tema di spanduk “ Liga Aceh adalah Derap  Langkah  Sepak Bola Aceh Teuga Aceh Juara “. Pemerintah Aceh dengan program Aceh Teuga ini sudah menunjukkan komitmen yang kuat terutama anggaran untuk olahraga ini sudah sangat diperhatikan dngan seirus.

“Jadi untuk menghidupkan Liga Aceh ini pemerintah Aceh sudah menyiapkan anggaran luar biasa, artinya bahwa semua lini komponen ini diberiakan subsidi oleh pemerintah Aceh, menjadi olahraga yang murah meriah, tentunya tidak dipungut tiket kepada masyarakat untuk dapat menyaksikan pertandingan ini di semua sudut ”, kata Plt Gubernur Aceh , Ir. Nova Iriansyah dalam  pidato tertulis dibacakan Darmasyah.

Dikuinya saat ini  sudah ,menunjukkan tanda-tanda kebangkitan olahraga. Dapat dibukatikan di  PON Wilayah I se- Sumatra, Aceh menjadi  Juara  satu sepak bola dan  mendapat tiket ke POPNAS yang diselenggarakan 2019 di Papua. Kemudian Pada Pertandingan diadakan Sekolah Olahraga seluruh Indonesia, Alhamdulillah Sekolah Olaheaga Aceh juga menjadi juara untuk sepak bola.

“Berikutnya kita harapkan dengan kita kibarkan bendera Liga Aceh ini kita berharap ke depan Aceh pun  mampu ke tingkat intermasional”, katanya.

Selain itu minta kepada Kapolda Aceh dan juga Pangdam Aceh dapat ikut  berpartisipasi mengamankan jalannya pertandingan Liga Aceh ini.

Empat Wilayah

Pembagian wilayah penyelenggaraan Liga Aceh tahun 2018 untuk babak penyisihan diselenggarakan di empat wilayah, masing-masing Wilayah I terdiri dari Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dengan tempat penyelengaraan sebagai tuan rumah Kabupaten Aceh Timur.

Sedangkan wilayah II meliputi Kabupaten Bireun, Aceh  Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues,  Aceh Tenggara ,Pidie Jaya dengan tuan rumah Kabupaten Gayo Lues, Wilayah III  meliputi Kabupaten/ kota  Pidei, Aceh Besar, Kota Banda Aceh, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Kota Sabang dengan tuan rumah Kabupaten Pidie.

Sedangkan wilayah IV meliputi kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat Daya,  Aceh Selatan, Kotta Subulussalam, Aceh Singkil dan Simeulue dengan tuan rumah Kabupaten Aceh Selatan. Penetapan empat wilayah tersebut  berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh, Darmasyah, Spd, Mpd.

Selanjutnya,  Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh, Darmasyah, selain menyerahkan bendera Liga Aceh sebagai tanda dimulainya pertandingan pada 5 November 2018, juga kepada daerah tuan rumah Liga Aceh diberikan pemerintah sebagai dana subisdi bantuan menyelenggarakan Liga Aceh 2018 sebesar masing-masing tuan rumah Rp.40 juta.(ks)

BAGIKAN

KOMENTAR