Polemik Bendera, Prof Yusni Sabi : Yang Penting bisa Membuat Kita Bersatu

0
Guru Besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Prof Yusni Sabi | Foto : Waspada Aceh

BANDA ACEH |LA– Guru Besar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Prof Yusni Sabi menyebutkan terkait dengan bendera Aceh yang hingga sekarang ini masih terjadi polemik di tengah-tengah masyarakat alangkah baiknya ditempuh jalur tengah. Menurutnya apapun lambang dan Himne yang bisa membuat masyarakat Aceh bersatu dan aman.

“Tentunya persoalan polemik bendera, misalnya yang membuat kita bersatu adalah kain putih, ya itu saja. Emas sekalipun walaupun berton-ton kalau kita tidak bersatu untuk apa. Contoh lain lambang kita pakai berlian tapi tidak membuat kita tidak bersatu buat apa,” sebut Prof Yusni Sabi, Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, solusinya terbaik soal polemik bendera yang tertuang dalam Qanun Aceh Nomor 3 tahun 2012 ini adalah bagaimana kesepakatan bersama, bukan masalah formalitasnya, walaupun sudah di sahkan. Yang penting apakah dengan membuat lambang itu bisa membuat masyarakat bersatu,dan nyaman.

“Membuat publik bahagian dari kita, serta membuat semua rakyat Aceh nyaman karena kadang-kadang kita lebih menekankan pada format formal ataupun politik formal padahal harus mengacu pada format politik substansial artinya substansi politik yang membuat kita bersatu, membuat kita aman,” katanya.