Produksi Padi Aceh Besar Diharapkan Jadi Surplus

0

Jpeg

Banda Aceh – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2015 ini telah menggarap 31 ribu hektar lahan sawah untuk memenuhi sektor pangan.

Wakil Bupati Aceh Besar, Syamsulrizal, mengatakan sebagian dari lahan yang telah digarap itu sebelumnya lahan tidur. Dengan adanya bantuan dari TNI dan Pemerintah Pusat.

“Kini petani sudah kembali menggarap sawah,” kata Syamsulrizal, Kamis 3 September 2015.

Dengan digarapnya 31 ribu hektar lahan persawahan tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menargetkan produksi padi harus menjadi surplus (ekspor) tahun 2015 ini.

“Dengan adanya dukungan TNI yang terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat membimbang warga bertani, diharapkan semua lahan tidur yang ada di Aceh Besar dimasa yang akan datang akan difungsikan,’ ujarnya.

Adapun kendala yang dihadapi petani selama ini adalah ketersediaan irigasi. Baik ada irigasi yang rusak maupun ada yang belum dibangun. Termasuk ada lahan sawah yang tidak lagi bisa dialiri air.

“Pemerintah pada tahun 2015 ini telah memperbaiki sejumlah irigasi dan bahkan membangun baru. Termasuk membuat sumur bor yang nantinya berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam sawah yang kering yang tidak bisa terjangkau oleh irigasi,” katanya.