Puan Maharani Serahkan Keputusan soal Ketua DPR ke Megawati

0
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).

LIPUTANACEH.COM– Ketua Koordinator Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan nonaktif Puan Maharani mengakui bahwa dirinya merupakan salah satu calon kuat Ketua DPR RI periode 2019-2024. Menurut dia kemungkinan itu terbuka setelah dirinya menjadi calon anggota legislatif (caleg) dengan perolehan suara terbanyak di Pileg 2019 lalu, sementara posisi Ketua DPR merupakan jatah PDIP sebagai pemenang pemilu.

“Sesuai dengan proses pemilu yang lalu juga alhamdulillah saya bisa kemudian mendapatkan suara terbanyak nasional. Ya mungkin bisa jadi salah satu calon yang kuat,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (25/6).

Namun begitu, ia menyerahkan keputusan soal Ketua DPR ke Ketua Umum PDIP  yang juga ibundanya, Megawati Soekarnoputri. Apalagi Puan mengaku belum mengetahui siapa saja sosok yang berpeluang menjadi Ketua DPR mendatang, selain dirinya. Keputusan soal pimpinan DPR bakal dilakukan September 2019 mendatang.

“Belum tahu juga masih menunggu September [2019],” tutur Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan itu.

Sebelumnya, Megawati menyambut baik nama putrinya, Puan didorong menjadi Ketua DPR. Namun, Megawati menyebut partainya mesti rapat lebih dulu untuk memutuskan siapa yang akan menduduki kursi Ketua DPR.

“Saya sebagai ibunya tentunya senang. Tetapi seperti tadi saya katakan, tunggu dulu, kami harus rapat kan,” kata Megawati di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5).

Menurut Megawati, dalam memutuskan posisi Ketua DPR pihaknya juga perlu membicarakan siapa saja yang menjadi Wakil Ketua DPR. Selain pimpinan DPR, kata Megawati, juga perlu dibahas siapa yang menempati posisi ketua komisi.

“Karena sudah ada UUD MD3. Jadi di situlah kami akan pasti berbicara,” ujarnya.

Sumber : CNN Indonesia