Puluhan Personel Kodim 0101/BS Bakti Sosial Bersihkan Area Gedung Juang

0

Banda Aceh | LA – Puluhan Personel Kodim 0101/BS melaksanakan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) membersihkan perkarangan Gedung Juang, berlokasi di Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Jum’at (01/06/18).

Baksos ini dipimpin langsung oleh Periwa Seksi Personelia (Pasi Pers) Kodim 0101/BS Mayor Inf Eka Namah Soerana dan di dampingi Perwira Seksi Operasional (Pasi Ops) Mayor Inf Heri Kuswanto, dalam rangka memperingati hari Pancasila.

Adapun sasaran yang dikerjakan dalam Baksos ini yaitu pembersihan sampah-sampah berupa dedaunan kering yang memenuhi perkarangan di Gedung Juang tersebut.

Menurut Pasi Pers Kodim 0101/BS Mayor Inf Eka Namah Soerana, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian untuk menjaga kelestarian bangunan bersejarah yang ada di wilayah khususnya Kota Banda Aceh, agar tetap lestari dan indah.

“Melalui Baksos ini, kami secara bergotong-royong membersihkan perkarangan Bangunan bersejarah,” ucap Mayor Inf Eka.

Untuk diketahui, di tempat ini tepatnya tanggal 24 Agustus 1945 atau seminggu setelah diumumkan kemerdekaan Indonesia secara resmi di Jakarta, bendera merah putih pertama kali dikibarkan di Aceh.

“Di Gedung Juang ini pertama kalinya bendera merah putih berkibar di Aceh setelah diumumkan Kemerdekaan Indonesia,” ucapnya.

Oleh karena itu, Ia meminta kepada seluruh masyarakat dan instansi lain untuk menumbuhkan kepedulian bersama, supaya bangunan bersejarah ini dapat terus abadi atau bertahan lama hingga generasi yang akan datang.

“Kelestarian bangunan bersejarah ini tidak akan bertahan lama, jika tidak sama-sama kita peduli, baik dari kebersihan perkarangan maupun perawatan bangunannya,” imbuhnya