Puskesmas Labuhanhaji Peroleh Status Utama, Ini Kata Dinkes dan Anggota DPRK Aceh Selatan

0
Dokumentasi survei akreditasi Puskesmas Labuhanhaji 10-12 Oktober 2019. (foto/fj).

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Hasil Akreditasi untuk Puskesmas Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan, telah meluluskan Puskesmas tersebut dengan Status Utama.

Hal itu dibuktikan dengan adanya surat dari Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI, Tanggal 24 Oktober 2019, Nomor: YM 02 01/VI 14/00947/2019, Perihal: Pemberitahuan Hasil Akreditasi, yang ditujukan Kepada: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan melalui Sekretarisnya Novi Rosmita menyampaikan rasa bahagianya atas capaian Puskesmas Labuhanhaji yang menurutnya membanggakan Aceh Selatan.

Novi juga menjelaskan bahwa, pada tahun ini ada 12 Puskesmas yang diakredisi, 2 diantaranya sudah dilakukan dan sudah keluar hasilnya, “Sedangkan 10 lagi akan dilakukan survei,” kata Novi, via telpon Seluler kepada liputanaceh.com Jum’at (25/10/2019).

Menurutnya, saat ini Puskesmas Labuhanhaji paling baik hasilnya di Aceh Selatan dengan Status Utama, namun masih 10 Puskesmas lagi yang belum disurvei dan belum diketahui  hasilnya, “Kita harap ke 10 Puskesmas itu nantinya memperoleh status akreditasi yang sama dengan Puskesmas Labuhanhaji,” kata Novi.

Masih keterangan Novi, sebelumnya di Aceh Selatan belum pernah ada Puskesmas yang memperoleh hasil Akreditasi dengan Status Utama. “Tahun ini dan untuk pertama kalinya ada Puskesmas kita yang memperoleh Status Utama. Tentunya ini hal yang membahagiakan buat kita Aceh Selatan,” ungkap Novi.

“Bahkan sepengetahuan kami, pada tahun ini, di Pantai Barat Selatan, juga belum ada Puskesmas yang memperoleh hasil Akreditasi berstatus Utama, dan kitalah jugalah yang pertama kali memperolehnya,” tambah Novi.

Surat dari Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI, Perihal: Pemberitahuan Hasil Akreditasi.

Novi juga menyampaikan, bahwa akreditasi itu bukan untuk pimpinan, tapi untuk masyarakat. “Kita  kembangkan pelayanannya agar berkualitas dan standar mutunya terpenuhi, karena itu haknya masyarakat.” kata Novi.

Lanjut Novi lagi, “Ya, kita sangat mengapresiasi capaian Puskesamas Labuhanhaji. Keberhasilan Puskesmas Labuhannaji yang paling mencolok, karna dilatarbelakangi kekompakan mereka, baik dari internal Puskesmas dan semua unsur elemen masyarakat.”

“Terlebih  Camat dengan lintas sektornya, sangat luar biasa. Dan mereka punya rasa memiliki, sampai ke keluarga-keluarga mereka pun turut membantu menyukseskan akreditasi. Hal inilah, sampai saat ini belum kita temui di Puskesmas lain, hingga menjadi nilai plus bagi Puskesmas Labuhanhaji,” beber Novi Rosmita Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Selatan.

Baca juga: Survei Akreditasi Selesai, Puskesmas Labuhanhaji Terbaik se Aceh Selatan?

Secara terpisah, Anggota DPRK Aceh Selatan Hernanda Thahir juga sangat mengapresiasi keberhasilan Puskesmas Labuhanhaji yang untuk sementara ini statusnya terbaik di Aceh Selatan, bahkan Se Pantai Barat Selatan.

“Ini capaian yang sangat bagus, terlebih ini adalah akreditasi Perdana,” kata Nanda sapaan akrabnya.

Nanda juga menuturkan, pihak Puskesmas dan masyarakat Labuhanhaji tak boleh puas hanya sampai disini, apalagi bersikap jumawa dengan hasil tersebut. Karna yang lebih utama adalah istiqamah menjaga kekompakan, memberikan pelayanan prima, ramah dan iklhas terhadap pasien.

Lanjutnya, selalu-lah berupaya melakukan peningkatan mutu dan kualitas pelayanan, agar capaian Puskesmas Labuhanhaji lebih baik lagi kedepan. “Inshaa Allah, pihak kami juga akan senantiasa turut berpartisipasi aktif guna mewujudkan hal itu,” demikan pungkas Nanda.