Rektor IAI Al-Aziziyah: “Hendaknya BPSDM Aceh Lebih Memprioritaskan Beasiswa Doktoral”

0
277

BIREUN I LA- Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas tenaga pengajar (dosen) di lembaga tersebut. Salah satunya dengan melahirkan dosen dengan kualifikasi doktor bahkan pihak IAI al-Aziziyah sendiri berharap lembaga pemberi beasiswa dapat menindak lanjuti harapan tersebut.

“ Harapan kita para mahasiswa IAI Al-Aziziyah untuk bisa mendaptakan beasiswa dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh, Insya Allah semoga dapat terkabulkan. Buktinya pada hari ini, kamis (9/11/2017), pihak BPSDM telah mengunjungi IAI Al-Aziziyah Samalanga Kabupaten Bireuen dalam rangka verifikasi data calon penerima Beasiswa On Going untuk mahasiswa Strata Satu (S1). Kunjungan ini diketuai oleh Dr. Mohd Iqbal Ar dan disambut oleh beberapa Dosen berlangsung sangat akrab dan penuh kekeluargaan,” kata Tgk. Riyandi Syafri, MA selaku kepala Humas IAI Al-Aziziyah Samalanga dalam releasnya kepada media ini, kamis, (9/11/2017)

Ia mengatakan keseriusan pihak BPSDM itu dalam kunjungan tersebut sangat terasa terlihat antusiasnya mereka dan langsung mewancarai para calon mahasiswa penerima beasiswa S-1 bahkan Koordinator tim fasilitasi beasiswa IAI Al-Aziziyah Tgk. Amiruddin, MA sangat gigih dan bersemangat dengan harapan beasiswa tahun ini dapat direalisaiskan.

“ Keseriusan mereka ini terlihat baik dari ketua koordinator beasiswa IAI Al-Aziziyah sendiri Tgk. Amiruddin, MA yang kini juga ketua prodi MPI IAI Al-Aziziyah maupun tim dari BPSDM. Ini terlihat tim BPSDM mewawancarai langsung mahasiswa calon penerima beasiswa tersebut untuk memastikan kelayakan atau tidak, beliau berharap untuk 29 calon penerima, jika mendapatkan beasiswa tersebut, hendaknya benar-benar dipergunakan untuk keperluan kuliah, wawancara tersebut diakhiri dengan tanda tangan di atas materai 6000,” papar cendekiawan muda kelahiran Jambi itu.

Ia menyebutkan dalam kesempatan itu Dr. Mohd Iqbal Ar dari BPSDM berharap agar kampus IAI Al-Aziziyah dapat mengajukan permohonan proposal beasiswa Dosen yang dimaksud dengan memetakan potensi dan kebutuhan yang real untuk pengembangan kampus ke depan.

“ Kesempatan emas ini hendaknya dapat kita raih dan realisaikan dengan melakukan pendekatan dan komunikasi lebih lanjut. kampus IAI Al-Aziziyah dapat mengajukan permohonan proposal beasiswa Dosen yang dimaksud dengan memetakan potensi dan kebutuhan yang real untuk pengembangan kampus ke depan, “ pinta kandidat doktor UIN-SU itu mengutip pernyataan Dr. Mohd. Iqbal dalam pertemuan bersejarah itu.

Sementara itu Rektor IAI Al-Aziziyah Samalanga Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA, dalam pertemuan penuh ramah dan akrab itu sangat berharap Pemerintah Aceh melalui BPSDMA hendaknya memprioritaskan pemberian beasiswa S3 bagi para dosen khususnya dosen-dosen tetap di perguruan tinggi swasta.

“ Kami sangat berharap hendaknya Pemerintah Aceh melalui BPSDMA memprioritaskan pemberian beasiswa doctoral bagi para dosen khususnya dosen-dosen tetap di perguruan tinggi swasta, “ pintanya yang juga pimpinan Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Batee iliek, Samalanga itu.

Sang tokoh agama dan pendidikan senior Aceh itu juga menegaskan pemberian program doctoral kepada dosen yang sudah jelas pengabdiannya dan sudah terikat untuk kembali mengabdi sehingga SDM di Aceh semakin maju dan dapat bersaing secara nasional dan international.

“ kita sangat berharap pemberian program doctoral kepada dosen yang sudah jelas pengabdiannya dan selain itu dengan adanya kualifikasi SDM yang memadai dapat terupgrade nilai akreditasi lembaga kampus swasta untuk kemudian dapat mengembangkan prodi-prodi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Aceh,” jelasnya beliau dengan penuh berharap dan akrab di sapa Ayah Batee Iliek.

Ayah berharap  kedepan agar terus menjalin komunikasi dan bekerja sama dengan BPSDM dalam peningkatan dan pengembangan kapasitas dosen di kampus tersebut. (EM)