Rupiah Melemah, UKM Harus Optimal

0

berita_172318_800x600_rupi

BANDA ACEH – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menyebabkan perekonomian menjadi tidak stabil, Pemerintah Aceh diharapkan bisa mengoptimalkan Usaha Kecil Menenggah (UKM).

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Maryudi mengatakan, agar melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tidak berdampak di Aceh, maka harus dioptimalkan UKM.

“Sekarang dolar terus naik, nilai tukar rupiah semakin melemah sehingga menyebabkan perekonomian menjadi tidak optimal, kalau ingin hal tersebut tidak berdampak di Aceh maka Pemerintah harus optimalkan Usaha Kecil Menenggah (UKM),” ujar Maryudi.

Maryudi menambahkan, lebih bagus lagi kalau di Aceh ada aktifitas ekspor –impor dalam kapasitas yang lebih besar, karena untuk menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dolar harus diperkuat ekspot dan impor.

Pemerintah Aceh sudah harus mengambil langkah-langkah dan menyusun kebijakan agar kenaikan dolar tidak berdampak di Aceh, apabila hal tersebut tidak segera dilakukan pastinya perekonomian tidak akan stabil.

“Salah satu cara untuk menghindari dampak dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerikan Serikat, yaitu melalui UKM. Coba bayangkan kalau setiap Kabupaten/Kota di Aceh UKM nya aktif, maka perekonomian masyarakat pasti akan tergerak,” tutur Maryudi.