Sate Gurita Kuliner Khas Sabang

0
332

LIPUTANACEH.COM | Selain terkenal dengan keindahan alamnya dan kaya akan biota laut. Sabang juga dikenal dengan kuliner seafood nya yang menggugah selera. Salah satunya adalah sate gurita. Kuliner khas Sabang ini dapat ditemui di setiap sudut kota pada malam hari.

Di pusat Taman Kuliner, Desa Kebun Merica, Kecamatan Sukakarya, tersedia berbagai macam makanan seperti nasi soto, ayam bakar, sate jawa, sate padang dan sejumlah makanan serta minuman segar lainnya.

Tentu yang menjadi menu andalan adalah sate gurita. Sate ini memiliki rasa yang cukup lezat, manis serta dagingnya lembut dan bergizi tinggi. Selain kandungan gizi yang tinggi harganya juga terjangkau. Satu porsi sate gurita yang dilengkapi lontong ini hanya dijual dengan harga Rp 15 ribu per porsi.

Cara mengolahnya, sebelum dibakar menjadi sate. Gurita terlebih dahulu direbus untuk melembutkan dagingnya. Setelah itu gurita dipotong kecil dan diberikan tusukan.

Selanjutnya dibakar diatas bara api dan siap disajikan ke pelanggan. Untuk menambah selera, tersedia dua pilihan bumbu. Seperti bumbu sate padang dan sate kacang.

Gurita yang menjadi bahan dasar sate ini merupakan hasil tangkapan nelayan setempat. Jadi anda tidak perlu khawatir, sate gurita ini memang masih sangat segar.

Jika musim liburan, sate gurita memang banyak diburu wisatawan. Penjual sate gurita mengaku, sate mereka bisa laku sampai seribu tusuk. Wisatawan dari Thailand dan Malaysia paling menyukai kuliner ini.

Beberapa wisatawan mengaku baru pertama kali merasakan lezatnya sate gurita. Menurut mereka, sate gurita berbeda dengan sate-sate lainnya. Baik tekstur dan juga rasanya.

Sebagai daerah yang dikenal dengan pantainya yang eksotis. Seafood memang menjadi kuliner andalan di Sabang. Tapi diantara berbagai jenis seafood sate gurita lah yang paling banyak diburu wisatawan. Apalagi gurita memang mudah ditemui di sekitar perairan dangkal Pulau Weh ini.

Sumber : acehvideo.tv

BAGIKAN

KOMENTAR