Saat Ganti Oli, Jangan Semprotkan Angin Kompresor Kedalam Mesin

0

Jakarta | LA – Suatu hal yang sering dilakukan saat penggantian oli yang dianggap baik, namun sebaliknya hal tersebut kurang baik. Masih banyak montir bengkel saat mengganti oli melakukan penyemprotan angin kompresor kedalam mesin. Cara ini memang ampuh mengeluarkan sisa oli dari ruang mesin, namun ternyata ada dampak negatif jika tindakan tersebut sering dilakukan.

Menguras oli dengan kompresor memiliki efek samping. hal ini dikerenakan udara atau angin bertekanan tinggi yang disemprotkan ke dalam ruang mesin mungkin mengandung uap yang bisa berubah menjadi tetesan air dalam suhu tertentu. Uap itu berasal dari tabung kompresor. Jika uap menjadi air, walaupun cuma sedikit tetap berbahaya karena air dan oli tidak akan menyatu. Efeknya cukup banyak, mulai dari menyebabkan slip kopling sampai berisiko menyebabkan mesin menjadi jebol.

Tidak hanya uap, tekanan angin pada kompresor juga berisiko melepas kotoran yang sudah tersaring pada di filter oli. Rata-rata jenis kotoran di mesin berbentuk partikel yang ukurannya kecil. Jika terkena semprotan, kotoran itu justru bisa kembali lepas dan akhirnya menempel ke sela-sela komponen mesin.

Oleh karena itu, sebaiknya mintalah kepada montir saat anda melakukan penggantian oli agar tidak disemprotkan angin kompresor, demi keawetan mesin kendaraan anda.