Sekda Pijay Launching Ujian Berbasis Komputer di SMPN 1 Bandar Dua, Siswa Sangat Antusias Mengikutinya

0

PIDIE JAYA I Liputanaceh.com-Meningkatkan mutu sekolah menjadi keharusan bagi perkembangan dunia pendidikan. Oleh karenanya SMPN 1 Bandar Dua Pidie Jaya menjadi salah satu sekolah SMPN di Kabupaten tersebut yang siap melakukan terobosan terbaru didunia pendidikan yaitu pelaksanaan ujian berbasis komputer.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 1 Bandar Dua Hamidah, MPd, kepada liputanaceh.com usai menggelar launching ujian berbasis komputer di sekolah tersebut, Selasa, (3/12/2019).

Acara launching ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di SMPN 1 Bandar Dua, Pijay turut di hadiri  Sekretaris Daerah (Sekda) Pidie Jaya (Pijay) Drs H Abd Rahman Puteh SE MSi, Kadisdik Pijay Saiful Rasyid, M. Pd dan rombongan  lainnya.

Hamidah menyebutkan selama diamanahkan menjadi Kepala di SMPN 1 Bandar Dua mencoba melakukan perubahan dan peningkatkan mutu sekolah, termasuk dengan menggelar ujian semesteran berbasis komputer mulai dari kelas satu hingga kelas tiga.

“Kami melihat sekolah lain bisa melakukan beberapa terobosan termasuk ujian berbasis komputer mulai kelas 1 hingga kelas 3 bahkan via handphone, kami juga mencoba melakukan perubahan itu mulai ujian berbasis komputer dan kedepannya via handphone. Perubahan dilakukan secara bertahap dan pasti,” kata Kepala Sekolah pencetus Shalat Dhuha di Sekolah itu.

Selanjutnya, Hamidah menyebutkan sebelumnya siswa telah dilakukan simulasi dalam mengoperasikan ujian berbasis komputer. Bapak Sekda dan Kadisdik berserta rombongan melihat secara langsung ujian dan hasil ujian yang dihasilkan juga langsung terlihat di layar komputer.

Pantuan liputanaceh.com siswa SMPN 1 Bandar Dua sangat antusias mengikuti ujian berbasis komputer bahkan terlihat Sekda Pijah, Kadisdik Pijya juga rombongan mengapresiasi pelaksanaan ujian berbasis komputer di sekolah yang di nahkodai Hamidah yang juga putra daerah setempat.

Pelaksanaan ujian digelar selama sepuluh hari mulai tanggal 3-13 Desember 2019 dan pelaksanaan waktu ujian telah diumumkan sebelumnya mulai kelas 1 hingga kelas 3.

Salah seoramg guru setempat menyebutkan Penggunaan ujian sistem komputer ini tentunya saja banyak diminati oleh sekolah-sekolah yang lain yang belum menggunakannya. Hal ini lantaran banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh sistem ini dibandingkan sistem sebelumnya.

“Ujian berbasis komputer ini menghemat biaya dari segi penggandaan soal dan lembar jawab. Lalu sedikit tenaga untuk pengawas ruangan, lebih praktis dan efektif karena tak perlu waktu khusus untuk koreksi karena hasil tes langsung diketahui, serta lebih efisien.” tutup guru muda yang ditugaskan Disdik Pijay itu.