Sidang Komisi Muktamar NU Soroti Penyelenggaraan Pilkada Serentak

0
177

LIPUTANACEH.COM | JOMBANG | Suasana panas di sidang pembahasan tata tertib Muktamar ke-33 NU telah reda. Saat ini yang tampak di sidang komisi merupakan pembicaraan atau diskusi seputar masalah-masalah terkini. Salah satu yang dibahas adalah soal pilkada serentak yang akan digelar Desember mendatang.

Pembahasan pilkada serentak itu dibahas di Komisi C Bahsul Masail Qonuniyyah yang digelar di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Minggu (3/8/2015). Salah satu peserta memberikan kritik kepada pemerintah terkait penyelenggaraan pilkada serentak tersebut.

“Kalau yang bulan Desember kan masih sebagian ya, harusnya total (semua daerah), hendaknya pemerintah memberikan fasilitas yang sesuai, dan diharapkan calon tidak berasal dari keluarga pejabat sebelumnya,” kata seorang muktamirin.

Diskusi terus berlanjut. Sejumlah delegasi memberikan pandangannya masing-masing. Beberapa kritikan untuk pemerintah juga muncul dalam bahasan itu.

“Pemerintah hendaknya memberikan dana sesuai UU Pilkada, tidak ada biaya di praktik kampanye yang merugikan masyarakat, calon-calon tidak diberikan uang dari pihak lain seperti sponsor,” ujar peserta yang lain.

Berikut materi yang dibahas di sidang komisi C Bahsul Masail Qonuniyah di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

1. Perlindungan umat beragama
2. Larangan Agama di sekolah.
3. Penyelenggaraan pilkada yang murah dan berkualitas.
4. Sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat.
5. Memeperpendek masa tunggu calon jamaah haji.
6. Perlindungan TKI dan pencatatan nikah bagi TKI beragama islam di luar negeri.
7. Badan pengelola jaminan sosial (BPJS) ketenagakerjaan.

Hasil sidang komisi ini akan dibawa ke rekomendasi sidang pleno untuk disampaikan ke pemerintah.

Sumber: detik.com

BAGIKAN

KOMENTAR