Staf BPKS Lulus Tes Tulis Panwascam, Begini Respon Ketua Panwaslu Aceh Besar

0
1108

Liputanaceh.com | Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Besar Syukurdi M, S.Sos.I M.Pd memberikan respon terhadap adanya calon anggota Panwaslu Kecamatan Pulo Aceh Abdul Samad setelah lulus tes tulis, yang ternyata merupakan salah satu Staf Teknis pada Badan Pengusahaan Kawasan Bebas Sabang (BPKS).

“Pengumuman sudah keluar, dan kami tempel di kantor, besok insya Allah terbit di serambi,” respon Syukurdi melalui jejaring sosial WhatsApp pada Sabtu 25 November 2017.

Ketua Panswalu Aceh Besar ini juga mengungkapkan akan melakukan rekam jejak terhadap peserta yang akan mengikuti tes lanjutan sebagai anggota Panwas di Kecamatan. “Kami juga menerima masukan atas nama-nama yang lulus, terkait dengan profesionalitas, integritas dan indenpedensi sekaligus rekam jejak calon,” bebernya.

Dirinya juga mempersilahkan masyarakat menyampaikan masukan kepada Sekretariat. “Silahkan jika ada masukan, dapat disampaikan ke Sekretariat Panwaslu,” kata dia.

Syukurdi dalam keterangannya kepada LIPUTANACEH.COM juga menerangkan telah memberikan syarat tertentu untuk menjadi anggota Panwas. “Syarat menjadi anggota panwas salah satunya adalah bersedia bekerja penuh waktu,” ujarnya lagi.

Dia juga menegaskan, bagi yang punya jabatan politik dan pemerintahan di tempat lain agar segera mengundurkan diri. “Silahkan melaporkan rekam jejak calon yang telah lulus tes tulis. Kami sangat berharap atas masukan tersebut,” tambahnya.

Saat ditanyakan terkait adanya staf BPKS Sabang yang mengikuti tes menjadi anggota Panwasli Kecamatan, dirinya secara tegas mengaku tidak mengetahui hal itu. “Tentu tidak, namun dalam syarat pendaftaran ada surat pernyataan kesediaan bekerja penuh waktu, demikian juga ada daftar riwayat hidup, tapi jarang peserta yang secara kebetulan memiliki pekerjaan lain mau mencantumkannya di daftar riwayat hidup,” jelasnya.

Jika dipikirkan secara logika, tentu tidak sembarangan seorang staf BPKS dengan pekerjaan menumpuk mampu bekerja maksimal di Panwascam. Namun pihak Paswanlu Aceh Besar menyebut akan mempublikasi hasil tes tersebut di media.

“Karenanya kita umumkan di media nama-nama yang lulus tes tulis dan kita sebutkan, warga bisa melaporkan dan memberi masukan terkait rekam jejak calon,” pungkasnya.

Sementara Abdul Samad hingga saat ini belum bisa dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya. (Redaksi)