Survei Akreditasi Selesai, Puskesmas Labuhanhaji Terbaik se Aceh Selatan?

0
Acara perpisahan di Aula serbaguna Puskesmas Labuhanhaji. (Foto/FJ).

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Kunjungan Tim Surveior Akreditasi dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI, drg. Teddy Suryadi dari Sukabumi Jawa Barat (Pokja Admin), dr. Salilul Hulwan Muchtar, M.Kes, dari Palembang (Pokja UKP), dan drg. Iis Faizah Hanum, M.Kes. dari Medan (Pokja UKM) dan Irvandi Anisruddin selaku Pendamping Akreditasi Kabupaten Aceh Selatan untuk melakukan Survei Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di UPTD Puskesmas Labuhanhaji telah selesai dilaksanakan Sabtu (12/10/2019).

Penutupan survei akreditasi tersebut dilakukan dengan digelarnya acara perpisahan di Aula serbaguna  hingga pelepasan di halaman Puskesmas yang juga diikuti Muspika dan lintas sektor yang mendukung penuh Puskesmas Labuhanhaji agar lulus akreditasi dengan hasil yang maksimal.

Pada sesi wawancara dengan liputanaceh.com, Kapus Labuhanhaji Salminawati, A.Md,Keb, menyebutkan pihaknya sangat terharu saat perpisahaan.  “Bagi kami Tim Surveior Akreditasi bukan sekedar pembing kami, tapi juga sudah seperti orang tua yang membing anak-anaknya untuk lebih baik,” katanya.

Inshaa Allah kedepan kami dapat menerapkan pemahaman yang telah diberikan oleh Tim Akreditasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Karna itu penekanan yang lebih penting dari akreditasi ini,” tegas Salminawati

Lanjut Salminawati, “Suksesnya pelaksanaan akreditasi ini bukan hanya kerja dari pihak Puskesmas, seluruh lintas sektor ikut terlibat memberikan dukungan.” Kepada Wabup Aceh Selatan serta Ibu, Pihak Dinas kesehatan Aceh Selatan, Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa serta Muspika, tokoh masyarakat tingkat Kecamatan dan Desa, para relawan BFLF, Moh.id dan Petahana, seluruh masyarakat Labuhanhaji yang juga di perantauan serta berbagai pihak yang mendukung, kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga.

“Kepedulian mereka terhadap peningkatan mutu pelayanan Puskesmas Labuhanhaji dan kami berhasil dengan baik, sungguh tak dapat dinilai dengan angka,” ucap Salminawati dengan suara bergetar penuh haru.

Baca juga: Wabub Asel: Pelayanan Kesehatan Jangan Diskriminatif

Tim Survei Akreditasi dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI bersama Pendamping Akreditasi Kabupaten Aceh Selatan saat pelepasan di halaman Puskesmas Labuhanhaji. (Foto/FJ).

Irvandi Anisruddin mengatakan, “Pasca akdreditasi pihak Puskesmas dituntut tetap melakukan proses pelayanan kesehatan tanpa meninggalkan pemahaman yang telah diberikan oleh Suverivor Akreditasi.”

Lanjut Ivandi, sejauh pantuan kami selama enam bulan pihaknya mendampingi, Puskesmas Labuhanhaji telah banyak melakukan perubahan sesuai dengan konsep akreditasi. “Mudah-mudahan kedepannya Puskesmas labuhanhaji dapat menjadi contoh di Kabupaten Aceh Selatan dengan mendapatkan nilai predikat yang terbaik,”.

Untuk hasil penilaian, kita tunggu pengumumannya dari pihak Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI, biasanya tiga bulan pasca penilaian oleh surveior. Menurut pantauan kami selaku pendamping, dari apa yang telah dilakukan Puskesmas labuhanhaji serta lintas sektor, bisalah untuk menjadi yang terbaik, namun tingkat mananya nanti Komisi yang memutuskan. “Yang penting bisa membahagiakan dan membanggakan Kabupaten Aceh Selatan,” ungkap Irvandi.

Baca juga: Tim Surveior Akreditasi: Puskesmas Petakan Masalah Kesehatan

Mewakili Tim Surveior Akridasi drg. Teddy Suryadi menyampaikan, Sejak kedatangan kami sejak Rabu 10/10/19 lalu, penilai kami untuk Puskesmas Labuhanhaji sangat baik. Pertama respon panitia sangat kekeluargaan. Kedua respon lintas sektor terkait, mereka sangat faham sekali pembangunan yang berwawasan kesehatan, itu membanggakan Kami. Kemudian dengan Puskesmas selama tiga hari ini dengan tata graha yang baik, Inshaa Allah hasil akreditasinya juga akan menjadi harapan masyarakat Labuhanhaji, umumnya masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

Selama tiga hari dibekali tentang akreditasi, dimana akreditasi adalah kebutuhan Puskesmas, mereka harus bekerja dengan sistem. Dan tujuan akhir dari akriditasi ini bahwa masyarakat atau pelanggan harus puas, aman dan nyaman dengan pelayanan Puskesmas,” demikian tutup drg. Teddy Suryadi dari  Tim Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI.