Terduga Otak Pembunuhan Warga Manggi, Aceh Barat Ditangkap

0
500
Terduga Otak Pembunuhan Warga Manggi, Aceh Barat Ditangkap. Foto: Liputanaceh
Terduga Otak Pembunuhan Warga Manggi, Aceh Barat Ditangkap. Foto: Liputanaceh
Terduga Otak Pembunuhan Warga Manggi, Aceh Barat Ditangkap. Foto: Liputanaceh

Meulaboh | LA – Berakhir sudah pelarian Anshari (45 tahun), seorang pekerja swasta, yang diduga sebagai otak pembunuhan terhadap Muhammad, warga Desa Manggi, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, tahun 2011 silam.

Selama 6 (enam) tahun buron, Anshari yang juga warga Gampong Ujong Raja, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat,  akhirnya berhasil diringkuk Tim Reskrimum Polda Aceh bersama Sat. Reskrim Polres Aceh Barat, di sebuah warung kopi depan RSU Cut Nyak Dhien, Meulaboh, Senin 22 Mei 2017 dini hari.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Goenawan mengungkapkan, Anshari merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO), dalam kasus pembunuhan tersebut ditangkap berdasarkan informasi dari masyarakat setempat.

Dikatakan Goenawan, dari tangan Anshari, polisi berhasil menyita satu pucuk senjata api jenis AK-56 dan 50 butir peluru. Diduga, senjata api itulah yang dijadikan tersangka untuk memberondong puluru terhadap (Alm) Muhammad. “Saat ditangkap, Anshari mengaku menyimpan senjata api laras panjang di rumahnya, Gampong Ujong Raja.” ujar Goenawan.

Anshari beserta Barang Bukti (BB) rencananya akan di bawa ke Polda Aceh untuk pengembangan lebih lanjut.

Sekedar mengulang, pada 2011 Muhammad yang merupakan warga Manggi, Aceh  Barat ditembak di dalam sebuah gubuk padi meluknya, oleh tersangka. Mereka adalah, Jambi (40 tahun) dan Zulkifli (38 tahun), Ramli (29 tahun) dan M Yahya (38 tahun). Saat itu, polisi berhasil menangkap keempat mereka, sementara Anshari berhasil kabur.

Selanjutnya, Pengadilan Negeri (PN) Meulaboh menghukum 2 dari 4 terdakwa itu masing-masing 15 tahun penjara dua dari empat warga atas kasus penembakan petani di Desa Manggi Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh tersebut. Sementara Ramli (29) dan M Yahya (38) masing-masing 3,5 tahun penjara.

Beredar kabar, pelaku kasus penembakan terhadap Muhammad dilatarbelakangi sakit hati karena korban dituduh sebagai dukun santet. Sementara, eksekutor pertama adalah Anshari yang ketika itu buron. Kini, Anshari juga sudah ditangkap, layak ditunggu berapa tahun ia akan hidup dibalik jeruji besi. (Ayi)

BAGIKAN

KOMENTAR