Tiga Agenda Utama KTT Istimewa ASEAN-Australia

0
37
Tiga agenda utama dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Istimewa ASEAN-Australia 2018 yang dihadiri Presiden Joko Widodo, Minggu (18/3). (Laily Rachev - Biro Pers Setpres)

JAKARTA- Presiden Joko Widodo menghadiri puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Istimewa ASEAN-Australia 2018, yang digelar di International Convention Centre (ICC), Sydney, Australia, Minggu (18/3).

Ada tiga agenda utama yang dibahas dalam sesi Sidang Paripurna para pemimpin ASEAN dan Australia kali ini selain sejumlah hal yang terjadi di sekitar kawasan dan dunia.

“Pertama, Australia Engagement artinya bagaimana ASEAN melihat kontribusi Australia mengembangkan kerja sama dengan ASEN, lalu kerja sama ekonomi, dan yang ketiga konterterorisme,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers, Sabtu (17/3) malam.

Masalah penanggulangan terorisme menjadi perhatian, menurut Retno, karena semua negara melihat ancaman yang terus meningkat. “Semua negara memandang itu perlu, apalagi ASEAN dan Australia. Ancaman itu meningkat, bukan turun sehingga Australia dengan ASEAN mau tidak mau melakuan kerja sama yang baik untuk konterterorisme,” kata Retno.

Siang harinya, Presiden Jokowi juga akan menghadiri jamuan santap siang di Admiralty House. Acara tersebut digelar secara khusus oleh Gubernur Jenderal Persemakmuran Australia untuk para Kepala Negara/Pemerintahan peserta KTT Khusus ASEAN-Australia 2018.

“Siangnya itu retreat. Isu yang dibahas adalah isu yang berkembang di kawasan maupun dunia,” kata Retno.

Sore harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Wellington, Selandia Baru, guna melakukan kunjungan kenegaraan. (CNN)

BAGIKAN

KOMENTAR