Tim Panitia Pembentukan Aceh Raya Survei Lokasi Calon Ibukota, Ini dia Lokasinya

0
892

Aceh Besar | LA – Tim panitia percepatan pembentukan kabupaten baru Aceh Raya, melakukan tinjauan langsung ke lokasi calon ibukota Kabupaten Aceh Raya, di Kecamatan Lhoknga, Kamis 21 September 2017.

Kedatangan tim panitia pembentukan Kabupaten Aceh Raya ini dalam rangka meninjau langsung untuk memastikan lokasi sesuai dengan titik koordinat yang sudah di survei oleh Tim Planologi, panitia pembentukan Kabupaten Aceh Raya beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua Umum Pemekaran Aceh Raya H. Dahlan Sulaiman yang didampingi Sekretaris Panitia T. Hafid serta sejumlah anggota panitia lainnya yang terlihat antusias guja melihat langsung ke lokasi tersebut.

Menurut Dahlan Sulaiman, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan keberadaan lokasi, sehingga nantinya akan menjadi bahan masukan dalam upaya membuat rencana tata ruang yang baik bagi Aceh Raya.

Terkait status dan kepemilikan lahan yang akan digunakan, nantinya akan dibebaskan pemerintah. “Bila semua sudah sepakat dengan lokasi ini dan kelak mendapat persetujuan pemekaran dari pihak pemerintah pusat, tentu semua persil tanah disini akan di data, selanjutnya akan dilakukan pembebasan oleh pemerintah,” jelas dia.

Menurut dia, letak dan kondisi lahan calon ibukota Kabupaten Aceh Raya ini sudah sangat cocok untuk dijadikan lahan perkantoran. “Sangat cocok dan letaknya yang sangat strategis untuk perkantoran,” sebut Dahlan Sulaiman.

Dahlan berpendapat, letak wilayah Lhoknga ini posisinya berada ditengah-tengah diantara 7 kecamatan lainnya di wilayah Aceh Raya nantinya.

“Diharapkan kedepan dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan Aceh Raya yang adil, makmur dan maju,” harapnya.

Sebelumnya, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, juga telah menyebut akan menggelontarkan anggaran pendapatan belanja kabupaten (APBK) untuk membangun sejumlah sarana dan prasarana yang dibutuhkan di lokasi tersebut yaitu di Kecamatan Lhoknga, guna menunjang percepatan pembentukan Acrh Raya.

Perlu diketahui, perjuangan pembentukan Kabupaten Aceh Raya ini sudah direncanakan dan diperjuangan selama 18 tahun lalu, namun hingga saat ini sama sekali belum ada tanda-tanda harapan warga Aceh Raya akan terwujud.

Jika dilihat secara ekonomis, kawasan pemekaran kabupaten baru ini tampaknya akan mampu bersaing dengan Aceh Besar bila sudah terbentuk nantinya, pasalnya, wilayah baru ini memiliki sejumlah potensi wisata dan perikanan yang menjanjikan. Akankah Aceh Raya terbetuk pada 2018 nantinya?

Hidayat Pulo

BAGIKAN

KOMENTAR