Tim Saber Pungli Ciduk Oknum Pegawai Puskesmas Trieng Gadeng

0
932
Tim Saber Pungli OTT Pegawai Puskesmas Treinggdeng. Foto: Liputanaceh
Tim Saber Pungli OTT Pegawai Puskesmas Treinggdeng. Foto: Liputanaceh
Tim Saber Pungli OTT Pegawai Puskesmas Treinggdeng. Foto: Liputanaceh

Pidie Jaya | LA – Tim Saber Pungli Pidie, menangkap tangan sejumlah oknum pegawai Puskesmas Kecamatan Trieng Gadeng, Kabupaten Pidie Jaya, pada Rabu 17 Mei 2017, sekira pukul 13.15 WIB, melalui  Operasi Tangkap Tangan (OTT), yang dipimpin Wakapolres Pidie Jaya, Kompol Tirta Nuralam, SE. Penangkapan itu berawal dari adanya laporan dari masyarakat terkait adanya upaya pemotongan uang jasa JKN pegawai Puskesmas Trienggadeng, yang dilakukan Bendahara JKN.

Menerima informasi tersebut  Tim Saber Pungli dan Polres Pidie, langsung mendatangi Puskesmas Trienggadeng. Begitu tiba di lokasi, tim pun langsung menuju ruang Bendahara Pengelola JKN, dimana didapati pengelola JKN sedang membagi-bagikan uang jasa kepada pegawai Puskesmas setempat.  Tim Saber Pungli juga berhasil menemukan uang yang dikumpulkan dua oknum pegawai dari Puskesmas  tersebut yang sudah menerima jasa. Rincinya, 10 persen untuk jasa pegawai bakti dan Rp 500 ribu per orang untuk biaya akreditasi Puskesmas.

Adapun yang membagikan dan mengumpulkan uang dari pegawai tersebut yakni; Nur (38 tahun) Bendahara JKN, warga Gampong Pangwa Cot Lhereng, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya. Hus (38 tahun), KTU Puskesman, warga Gampong Peulandok Teungoh, Kecamatan Trienggadeng (mengumpulkan uang sejumlah 10  persen dari setiap pegawai yang menerima Jasa JKA) serta  Sor (36 tahun) warga Gampong Dayah U Paneuk, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya (mengumpulkan uang untuk akreditasi Puskesmas).

Dari OTT itu ditemukan barang bukti (BB) yang disita berupa uang Rp 19.463.000. Daftar penerima jasa JKN Puskesmas Trienggadeng. Dokumen daftar pembayaran 10  persen yang digunakan untuk tenaga bakti. Dokumen atau absensi sumbangan  sukarela pegawai, PTT dan honorer untuk akreditasi Puskesmas serta absensi rapat. Selain itu juga ada barang bukti berupa daftar hadir tentang kesepakatan bersama mengenai pengumpulan uang 10 persen  dan uang Rp 500 ribu per orang. Saat ini, BB dan tiga orang pegawai Puskesmas Trienggadeng ini sudah diamankan Tim Saber Pungli Kabupaten Pidie Jaya ke Mapolres Pidie untuk dimintai keterangan lebih lanut. (Ayi/H)