Tim Surveior Akreditasi: Puskesmas Petakan Masalah Kesehatan

0
Kapus Labuhanhaji Salminawati, A.Md,Keb dan Perwakilan Tim Surveior dari Komisi Akreditasi drg. Teddy Suryadi saat pembacaan MUO Akreditasi. (Foto/FJ)

Tapaktuan | Liputanaceh.com – UPTD Puskesmas Labuhanhaji Kabupaten Aceh Selatan hari ini kamis (10/10/2019) melaksanakan pembukaan Survei Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dijawadwalkan  penilaian akreditasi tersebut akan selesai pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019. Hadir sebagai Tim Surveior dari Komisi Akreditasi, drg. Teddy Suryadi, dr. Salilul Hulwan Muchtar, M.Kes, dan drg. Iis Faizah Hanum, M.Kes.

Wakil Bupati Aceh Selatan Tgk Amran didamping Istri, Novi Rosmita, SE, M.Kes, selaku Sekretaris Dinkes Aceh Selatan, Angggota DPRK Aceh Selatan Hernanda Thahir dan Velly Hidayat, Muspika, Ketua MAA Kecamatan, Perangkat Desa dan para Relawan seperti BFLF, Petahana juga Moh.id ikut serta juga hadir dalam pembukaan Akreditasi tersebut.

Sebagai pembukaan, Camat Labuhanhaji Gusmawi Mustafa melaporkan, motivasinya bersama lintas sektor mendukung dilakukannya Servei Akreditasi di Puskesmas Labuhanhaji, agar Puskesmas Labuhanhaji selalu bergerak kedepan. Pihaknya Besama Pemerintahan Desa se Kecamatan Labuhanhaji serta Puskesmas dan lintas sektor juga telah melakukan penususunan RPJM, dimana dalam RPJM tersebut, berbagai program terkait penanganan permasalahan kesehatan masyarakat juga tidak luput dicantumkan.

“Kepada Tim Surveior, kami sangat berharap agar dapat optimal menjalankan tugas, senantiasa memberikan bimbingan kepada kami, supaya kami  dapat terus meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat Labuhanhaji hingga mencapai hasil maksimal,” ujar Gusmawi Mustafa yang juga diketahui sebagai Ketua BFLF Aceh Selatan.

Kapus Labuhanhaji Salminawati, A.Md,Keb dalam kesempatan tersebut turut menyampaikan Visi-Misi UPTD Puskesmas Labuhanhaji sekaligus mempersentasikan capaian yang telah diperoleh Puskesmas Labuhanhaji serta komitmenya untuk meningkat mutu pelayanan kesehatan agar sesuai dengan harapan Visi-Misi Aceh Selatan Hebat, dan lebih hebat lagi kedepannya.

Baca juga: Wabub Asel: Pelayanan Kesehatan Jangan Diskriminatif

Tim Surveior dari Komisi Akreditasi yang diwakili oleh drg. Teddy Suryadi mengaku cukup puas atas sambutan dan pelayanan Pemkab Aceh Selatan dan Pemerintahan Kecamatan Labuhanhaji hingga UPTD Puskesmas. “Ini awal yang baik, dan pertama bagi kami mendapat sambutan dan pelayanan seperti ini, membuat kami nyaman dan betah. Semoga suasana seperti ini bertahan hingga akhir penilain,” kata dr. Teddy.

Beliau juga menyarankan kepada pihak Puskesmas agar melakukan pemetaan permasalahan kesehatan di desa-desa dalam wilyah kerjanya. “Tujuannya supaya  dapat mengetahui dengan jelas permasalahan kesehatan yang dialami masyarakat dan permasalahan mana akan jadi prioritas untuk dicarikan solusi bersama lintas sektor melalui program,” demikian terang drg. Teddy Suryadi.

Usai kegiatan pembukaan, Tim Surveior Akreditasi melakukan penilaian dengan memasuki satu-persatu ruangan di Puskesmas Labuhanhaji. Ikut serta Tgk Amran didampingi Istri, Muspika, Ketua MAA,  Anggota DPRK Aceh Selatan Hernanda Thahir dan Velly Hidayat serta perwakilan Keichik dan menyempatkan membesuk pasien yang sedang dirawat.