Tim Zikir Dayah Irsalul Fata Teupin Pukat Mewakili Pidie Jaya Ke Pentas PKA Tahun Ini

0
164

MEUREUDU I LA- Salah satunya tim zikir yang akan tampil di PKA tahun ini asal Pidie Jaya dipercayakan kepada Group Irsalul Fata Teupin Pukat, kecamatan Meurah Dua. Tentu saja ini kebanggaan tersendiri mewakili dari sekian banyaknya bertaburan di Pidie Jaya bahkan dayah yang besar lainnya termasuk Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng yang sedang menuju pembenahan menuju go nasional itu.

“Dayah Irsalul Fata yang sangat sederhana letaknya di pinggiran jalan dan sekitarnya tidak jauh kita memandang pantai dengan angin bersahabat dan memberi senyuman kedamaian siapa yang singgah dayah alumni Dayah Darul Fata Seulimum yang terkenal dan kesohor itu,” kata salah seorang tokoh agama dan pendidikan Pidie Jaya.

Sementara itu pimpinan dayah Irsalul Fata Teupin Pukat, Meurah Dua, Pidie Jaya merasa tidak layak dayahnya mewakili ke acara sekaliber PKA Ke-VII di Banda Aceh tahun ini terlebih masih banyak dayah besar lainnya yang telah maju dan berkembang.

“Alhamdulillah, dayah ini Irsadul Fata merupakan salah satu dayah cabang Dayah Darul Fata Seulimum dan seharusnya masih ada dayah lainnya yang pantas mewakili Pijay ke PKA tahun ini. Allahuyarham Abon telah walaupun belum sempat meresmikan dayah ini semasa beliau masih hidup, namun tafa’ulan nama dayah itu merupakan pemberian Allayurham Abon Seulimum sekitar tahun 2012 dan kini perlahan telah ada perkembangan dan perubahan kearah yang lebih baik,” kata Tgk. Mursalin Zakaria atau akrab di sapa Abati Teupin Pukat yang masih muda dan berwibawa itu kepada liputanaceh.com, Rabu, (8/8/2018).

Abati mengisahkan group zikirnya setahun pasca Dayah Irsalul Fata didirikan tepatnya tahun 2013 dengan personil terbatas waktu itu.

“Group Zikir Irsalul Fata ini berdiri sejak tahun 2013 dan telah banyak memperoleh hasil yang membanggakan Dayah Irsalul Fata dan ini semua berkah dan doa Allayurham Abon Seulimum dan guru serta peran dan bantuan masyarakat, ” ujar sosok ulama muda Pidie Jaya itu dengan nada merendah.

Selanjutnya, Abati menyebutkan diantara juara yang telah didapatkan yaitu juara 2 di PKPJ Pidie Jaya 2015, juara 2 lomba zikir Sekabupaten Pidie dan Pidie jaya dilaksanakan di dayah IRSALUL FATA tahun 2016, juara 1 lomba zikir sekabuapten Pidie-Pidie Jaya di Mesjid At-Raqwa Simpang Tiga Sigli tahun 2017.

“Sebenarnya lahir group zikir ini awalnya didorong oleh permintaan masyarakat untuk acara keagamaan di gampong dan sekitarnya termasuk Marhaban turun tanah anak dan lainnya,” lanjut sang tokoh murah senyum itu.

Terakhir Abati berharap Tim zikir yang kan tampil besok hari kamis (9/8/2018) mampu memberikan yang terbaik untuk Pidie Jaya.

“Kami sangat mengharapkan doa dari guru kami dan juga masyarakat Pidie Jaya semoga tim zikir Irsalul Fata hari kamis besok (9/8/2018) mampu meraih hasil dan prestasi terbaik di tahun ini demi Pidie nan Jaya, ” pintanya dengan penuh berharap itu.