TNI Angkatan Laut Merayakan Hut Ke72

0
42

SABANG | LA– Bulan September ini TNI Angkatan Laut akan merayakan HUT ke 72 yang jatuh pada tanggal 10 September 2017.

Dalam pengabdian TNI AL menjaga kedaulatan NKRI, kemampuan TNI AL dari tahun ke tahun semakin meningkat, saat ini kemampuan yang dimiliki lebih tepat diklasifikasikan sebagai Angkatan Laut yang memiliki kriteria Green Water Navy.

Dengan kekuatan dan kemampuan yang ada, TNI Angkatan Laut harus mampu mengamankan perairan yurisdiksi nasional dan menjaga kepentingan nasional di luar wilayah yurisdiksi nasional, menjamin dan menjaga kedaulatan NKRI, melaksanakan diplomasi, serta berpartisipasi dalam upaya menjaga perdamaian dunia.

Secara geografis, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan gambaran sempurna dari perwujudan sebuah Negara Maritim. terhadap kebijakan pemerintah yang ingin menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, menuntut kekuatan maritim yang mampu menjamin kepentingan nasional dan memberikan manfaat kesejahteraan bagi bangsa Indonesia.

Indonesia memang menjadi negara kepulauan terbesar di Indonesia, namun belum dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Wilayah perairan Indonesia mempunyai status ganda yaitu merupakan perairan domestik yang sekaligus menjadi bagian dari mata rantai dari perairan Poros Maritim dunia yang berkesinambungan.

Makna dari Poros Maritim Dunia dapat didefinisikan menjadi “ Jalur-jalur pelayaran berkesinambungan yang melingkari dunia sebagai sarana lalu lintas pelayaran niaga dunia yang berlangsung secara besar-besaran (world seaborne trade). Sehingga, suatu gangguan atas fungsi kesinambungan yang dimilikinya akan mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan perekonomian dunia”.

Peran Lanal Sabang sebagai Pangkalan TNI AL yang berada dipintu masuk selat Malaka menjadi garda terdepan dalam penegakaan kedaulatan NKRI dilaut wilayah Barat Indonesia yang berada diwilayah perairan Provinsi Aceh pada khususnya.

Selain menjaga kedaulatan dan penegakaan hukum dilaut Lanal Sabang juga mempunyai kewajiban mendukung program pemerintah RI sebagai poros maritim dunia.

Sedangkan peran Lanal Sabang dalam mendukung pemerintah daerah (Provinsi Aceh) Lanal Sabang juga selalu mendukung setiap program pembangunan dan kebijakan yang bertujuan mensejahterakan masyarakat Indonesia pada umumnya dan rakyat Aceh pada khususnya.

Lanal Sabang dalam membantu pemerintah daerah untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat maritim, hadir dengan program pembianaan potensi maritim.
Dalam setiap program kerja pembinaan Potensi Maritim yang dilaksanakan Lanal Sabang, diantaranya telah melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya Bhaktisosial kesehatan, KOMSOS, karya bhakti, dan sosialisasi keselamatan dan hukum dilaut bagi Nelayan (masyarakat Aceh) yang berada diwilayah kerja Lanal Sabang. Kegiatan pembianaan potensi maritim yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, bertujuan membantu masyarakat maritim menjadi lebih sejahtera dalam peningkatan taraf hidup, dan semakin meningkat pengetahuan masyarakat tentang hukum dan keselamatan selama berlayar dilaut.

Pada tahun 2017 ini akan dilaksanakan event maritim “Sail Sabang” dengan skala Internasional yang dihadiri kapal-kapal yacht luar negeri, kapal perang TNI AL dan kapal perang asing. Sail Sabang rencananya akan dilaksanakan pada bulan November dan Desember, rencananya event ini akan dibuka langsung oleh Presiden RI bapak Joko widodo.

Lanal Sabang yang tergabung sebagai salah satu panitia pelaksana daerah, melalui Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut Kicky Salvachdie, S.E. menyatakan siap mendukung dan mensukseskan acara Sail Sabang.

Komandan Lanal Sabang berharap agar seluruh pemerintah daerah dan masyarakat Sabang mendukung event Internasional Sail Sabang ini berjalan lancar dan sukses, dengan suksesnya acara ini akan membuat masyarakat dunia mengetahui bahwa di Provinsi Aceh ada kota Sabang yang memiliki keindahan alam baik didarat maupun dilaut yang dapat dijadikan sebagai destinasi tujuan wisata dunia Internasional. **

BAGIKAN

KOMENTAR