Tokoh Masyarakat : Akses Jalan Menuju Menggamat Indikasi Pemerataan Pembangunan

0
104

Foto : Tokoh masyarakat Kluet Tengah Bintara Yakop

LIPUTANACEH.COM | ACEH SELATAN – Pembangunan jalan lima tahun terakhir dinilai sangat merata di Kluet Tengah. Hal ini disampaikan Tokoh Masyarakat Kluet Tengah Bintara Yakop kepada awak media, Minggu (10/06/2018).

“Alhamdulillah secara bertahap pembangunan sudah merata sampai ke pelosok, masyarakat menggamat atau Kluet Tengah secara keseluruhan merasakan kemudahan akses jalan, diakui atau tidak buktinya nyata,” kata Bintara Yakop.

Ia menceritakan, sebelum adanya pelebaran jalan, tokoh masyarakat Kluet Tengah bersama-sama menghadap T. Sama Indra yang saat itu menjabat Bupati dengan maksud untuk menyampaikan beberapa aspirasi seperti pembangunan rumah sekolah, Puskesmas dan pelebaran jalan di Manggamat.

“Alhamdulillah ketika itu pak TS menanggapi dan menyahuti permohonan masyarakat. Tak lama kemudian jalan menuju manggamat diperlebar seperti yang dinikmati warga saat ini,” ujarnya.

Bintara Yakop juga mengungkapkan bahwa akses jalan sangat penting untuk meningkatkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dibawah kepemimpinan TS sudah menetapkan cikal bakal pembangunan jalan raya lingkar Kluet Raya dengan rute dari Kluet Selatan ke Kluet Timur, Kluet Tengah dan tembus ke Pasieraja via Payateuk.

“Kami lihat sudah mulai pengaspalan, hanya tinggal di Desa Koto Indarung dan Siurai-Urai. Mudah-mudahan kalau TS memimpin lagi Aceh Selatan bisa melanjutkan pembangunan jalan tersebut dari kutu Indarung dan Siurai-Urai,” harapnya menyuarakan isi hati masyarakat.

Persepsinya selaku tokoh masyarakat Manggamat demi pembangunan Kluet Tengah juga tidak menafikkan jikalau sosok lain yang memimpin. Namun secara jujur, ia telah melihat pembuktian lima tahun ini, Sama Indra mampu dan berhasil membawa perubahan lebih baik bagi Kabupaten Aceh Selatan.

“Siapapun terpilih nantinya, dapat kiranya mampu melanjutkan cita-cita mulia T. Sama Indra meneruskan pembangunan jalan lingkar dari Keude Runding sampai Paya Teuk dan Megamat bisa tercapai,” ujarnya.

“Kita bicara realitas, kekurangan pasti ada di setiap manusia tetapi apa yang diberikan TS kepada masyarakat sudah memulai dengan sangat baik. Yang lain belum bisa dipastikan karena belum kita rasakan apalagi belum pernah kita lihat keberhasilannya,” timpal Bintara Yakop.

Selain itu beberapa waktu lalu, tokoh masyarakat Kluet Tengah ini juga telah menyalurkan aspirasi suara rakyat atau harapan masyarakat kepada T. Sama Indra perihal pembangunan pelabuhan air tawar dan taman rekreasi di Jamboe Teka.

“Kalau orang pintar pasti paham tujuanya dibangun ini. Dengan adanya pelabuhan dan taman akan menarik wisatawan ke manggamat dan tentunya juga mendongkrak perekonomian,” ulasnya penuh kredibilitas.

Terkait normalisasi sungai Kluet, katanya sekarang ini memang sangat mendesak sampai di Gunong Pudung guna menyelamatkan tebing Koto Indarung dan Gampong Malaka. “Itu yang pertama” sebutnya.

Dan yang kedua tentunya tidak kalah penting, untuk menambahkan debit air Gunung Pudung.

“Kalau tidak cepat dibangun tanggul dan debit air irigasi di gunong Pedong semakin hari tambah berkurang,” demikian tandasnya.[*]