Tujuh Paslon Bupati Aceh Selatan Siap dan Sepakat Nyatakan Pilkada Damai

0
111

LIPUTANACEH.COM | ACEH SELATAN – Tujuh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan periode 2018-2023 deklarasikan pernyataan kampanye damai pemilihan bupati wakil bupati aceh selatan tahun 2018.

Deklarasi kampanye damai tersebut di tandatangani ke tujuh Paslon Bupati dan wakil Bupati Aceh Selatan yang berlangsung dialun-alun kota Tapaktuan, Gampong Hilir, Kecamatan setempat, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (18/2/2018).

Turut dihadiri  Plt Bupati Kamarsyah S.Sos MM, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto,  Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono, Ketua Paswaslih, Sekdakab, Kepala SKPK, Ketujuh pasangan calon dan ratusan tim ketujuh pasangan calon lainnya.

Ketua KIP Aceh Selatan, Khairunnis Absyir dalam sambutannya mengatakan, sebelum tibanya masa kampanye pemilihan bupati dan wakil bupati Aceh Selatan berlangsung, sangatlah tepat bagi KIP untuk memfasilitasi adanya deklarasi kampanye damai yang mengandung kampanye anti hoax, anti sara dan kampanye anti politik uang.

Khairunnis juga menuturkan, tentu berjalannya proses Pilkada damai tidak hanya tergantung pada KIP semata, oleh karena itu pihak Panwaslih, pasangan calon, Pemerintah Daerah, kepolisian, TNI, pemuda dan mahasiswa juga berperan aktif untuk sama-sama saling mengontrol berjalannya Pilkada seperti yang diharapkan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan.

“Maka oleh karena itu pada kesempatan hari ini akan digunakan oleh seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati untuk mendeklarasikan kampanye damai, aman, tertib yang dituangkan dalam naskah ikrar bersama,” sebut Khairunnis.

Khairunnis menambahkan, sikap bersama yang tertuang dalam naskah ikrar berintegritas dan damai tersebut mengandung banyak makna bukan hanya sekedar formalitas dan seremonial belaka.

Oleh karena itu sambungnya, sikap bersama dalam ikrar tersebut memuat komitmen dan konsistensi seluruh pasangan calon untuk turut menciptkan iklim kondusif bagi keseluruhan proses Pilkada.

“Bagi pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sudah ditetapkan oleh KIP, pada saat ini disadari atau tidak bapak-bapak semua merupakan tokoh sentral yang sedang diperbincangkan di Aceh Selatan, tentunya perhatian rakyat sedang tertuju pada bapak-bapak sekalian. Maka dari itu deklarasi pada hari ini sedang membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi yang semunya mengikat untuk diwujudkan dalam perhelatan Pilkada Aceh Selatan saat ini,” sebut Khairunnis.

Terakir Khairunnis berpesan, walaupun persaingan dalam Pilkada 2018 ini tergolong ketat karena ketujuh Paslon merupakan putra-putra terbaik Aceh Selatan, maka dari itu ketujuh Paslon harus benar-benar membangun komitmen bahwa pemilu Aceh Selatan dilaksanakan dengan penuh kedewasaan.

“Kita berharap semua pihak menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan mampu menyikapi setiap persolan dengan arif, dewasa dan bijaksana demi terwujudnya Pilkada aman, tertib dan damai,” pesan Khairunnis.

Sementara, Plt Bupati Kamarsyah S.Sos MM, menyampaikan semua pihak tentulah menginginkan dan menghendaki jalanya kampanye pilkada berlangsung secara aman dan damai.

“Sudah semestinya seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati aceh selatan yang akan berkompetisi dapat memanfaatkan waktu berkampanye ini sebagai media komunikasi kepada rakyat secara optimal,”  sampai Karmansyah.

Kepada pengguna media sosial salah satu pendukung pasangan calon agar lebih arif bijaksana dalam menyajikan statement.

“Jauhi informasi bernada bohong,  fitnah, pencemaran nama baik,  hoax dan saling menjelek – jelekan,” katanya.

Kepada seluruh pasangan calon bupati dan wakil bupati aceh selatan periode 2018-2023 ” kami mengucapkan selamat berkampanye,  semoga semangat kebersamaan dan persaudaraan dalam membangun aceh selatan lebih bermakna” tutup Karmansyah

Acara ditutup dengan Pembacaan pernyataan Deklarasi kampanye damai pemilihan bupati dan wakil bupati aceh selatan tahun 2018 yang dipandu oleh ketua KIP Aceh Selatan Khairunis Absyir serta diikuti oleh ketujuh paslon,

Deklarasi tersebut memuat beberapa point. Pertama,  bagi Paslon  siap melaksanakan pilkada aceh selatan secara jujur dan adil sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Kedua,   tidak menyebarkan kampanye hoax,  tidak melakukan kampanye sara,  serta tidak melakukan politik uang.

Ketiga,  siap bekerjasama dengan KIP Aceh Selatan dan Panwaslih aceh selatan demi suksesnya pilkada aceh selatan tahun 2018.

Keempat,  bersama unsur kepolisian dan aparat keamanan lainnya sanggup menjaga kondisi aman,  kondusif  dan damai, serta sanggup mengendalikan masa pendukung demi suksesnya pilkada aceh selatan,  apa bila terjadi pelanggaran siap di ambil tindakan sesuai peraturan perundang – undangan yang berlaku. Kelima,  siap menerima hasil yang disahkan penyelenggara.  Keenam siap terpilih dan tidak terpilih.[Fty/haes]

BAGIKAN

KOMENTAR