Tujuh Tips Mencegah Narkoba di Kalangan Pemuda

0
22

Dewasa ini salah satu musuh utama yang harus dihadapi oleh generasi muda berupa narkoba. Keberadaannya dan penyalahgunaaan narkoba tersebut bukan hanya dapat merugikan kesehatan tetapi juga mental dan spiritualnya. Mereka yang sudah kecanduan narkoba tidak dapat berpikir atau berbuat apa-apa selain dari mengkonsumsi  barang haram tersebut.

Bermacam penyalahgunaan narkoba seperti sabu-sabu ganja, heroin, dan lainnya  di kalangan pemuda seringkali berawal dari coba-coba. Namun bila sudah kecanduan akan sangat sulit untuk mengobati kecanduan tersebut. Oleh karena itu pemuda sebagai generasi muda harapan bangsa harus dapat menjauhkan diri dari narkoba. Bagaimana cara pemuda menghindari narkoba?

Pertama, Hindari bergadang dan Keluyuran.

Menghindari keluyuran malam adalah salah satu cara untuk menjauhi narkoba. Pemuda yang terbiasa keluyuran malam sangat mudah tergoda untuk melakukan kebiasaan buruk karena mereka merasa memiliki waktu bebas tanpa ada yang mengawasi. Hal ini menyebabkan mereka berani mencoba hal-hal ekstrim seperti minum alkohol, berjudi, menggunakan narkoba, dan lain sebagainya.

Kedua, selektif dalam memilih teman dan pergaulan.

Bergaullah dengan teman-teman yang memiliki perilaku positif. Jika anda banyak bergaul dengan teman-teman yang memiliki perilaku positif maka anda akan mudah terbawa untuk berfikir dan bersikap positif pula. Sebaliknya, jika anda bergaul dengan teman-teman yang berperilaku negatif maka anda akan mudah terbawa untuk berpikir dan berperilaku negatif. 

Ketiga, patuhi nasehat orangtua.

Pada dasarnya setiap orangtua menghendaki anaknya menjadi anak yang memiliki akhlak mulia. Dengarkan dan patuhi nasehat orangtua. Saat anda terbiasa melawan nasehat orangtua, anda akan cenderung memiliki rasa percaya diri untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Hal ini memudahkan anda terbujuk untuk melakukan tindakan yang melanggar norma termasuk menggunakan narkoba.

Keempat, miliki hobby dan aktivitas positif.

Di kalangan generasi muda terutama sang pemuda yang penuh antusiasme dengan menyalurkan hobby yang positif misalnya dengan olahraga, melukis, menulis, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini selain meningkatkan keterampilan, juga membatasi lingkungan pergaulan pada orang-orang yang memiliki ide dan kreasi yang positif pula. Orang yang tidak memiliki kesibukan lebih mudah untuk diajak melakukan hal-hal yang negatif termasuk menggunakan narkoba.

Kelima,  hiasi diri dengan pengetahuan Agama.

Kita harus membentengi diri dengan pengetahuan agama agar terhindar dari perbuatan tercela dan merugikan diri sendiri atau orang lain. Mendekatkan diri dengan Tuhan yang Maha Kuasa akan menjauhkan seseorang dari perbuatan terlarang dan merugikan diri sendiri atau orang lain. Penyalahgunaan narkoba umumnya dilakukan oleh pemuda yang tidak memiliki ketaatan dalam beragama.

Keenam, Jangan pernah Mencoba.

Kesalahan terbesar semua pemuda pengguna narkoba adalah mereka pernah mencoba. Sekali anda mencoba, anda telah menjadi pengguna dan akan kecanduan. Anda tidak akan pernah menjadi pecandu narkoba jika anda tidak pernah mencoba. Oleh karena itu jangan pernah mencoba menggunakan narkoba.

Ketujuh, nikmati kebersamaan dan fokus pada hal-hal positif.

Pengguna narkoba seringkali adalah pemuda yang tidak betah di rumah sehingga mereka lebih suka berada di luar rumah tanpa tujuan sampai akhirnya terlibat dalam pergaulan yang salah. Temukan dan lakukan banyak hal yang positif di rumah yang dapat membuat anda banyak menghabiskan waktu luang di rumah dan bukan di jalanan.

Banyak hal-hal positif yang dapat menyibukkan anda dan memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Lakukan hal-hal positif yang dapat mendukung cita-cita anda, membuat bangga orangtua, meningkatkan kebugaran, meningkatkan keterampilan, dan lain sebagainya. Hindari membuang waktu dengan nongkrong, begadang, keluyuran, atau aktivitas tanpa tujuan lainnya.

sumber:www.dinulislamnews.com