UIN Ar-Raniry dan Unisza Jalin Kerjasama

0
289

nat_6667BANDA ACEH | Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menandatangi naskah kerjasama dengan University Sultan Zainal Abidin (UnisZA) Terengganu Malaysia, Rabu (19/8/2015) di Ruang Sidang Rektor kampus setempat.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dalam arahannya mengatakan, hubungan antara Aceh dengan Malaysia telah lama terjalin, begitu halnya dengan kampus Ar-Raniry ini, sejak tahun 1980 telah ada mahasiswa yang berasal dari Malaysia, itu artinya Kampus Ar-Raniry ini telah menjalin hubungan silaturrahim dengan kampus-kampus di Malaysia sejak sebelum tahun 80-an.

“Seiring perkembangan zaman, UIN Ar-Raniry Aceh ini terus meningkatkan hubungan silaturrahim dengan kampus-kampus luar negeri, khusus dengan kampus di Malaysia telah dilakukan beberapa bidang kerjasama dengan berbagai kampus yang ada di Malaysia,” ujar Farid.

Beberapa bulan lalu kata Farid Wajdi, UIN menerima mahasiswa dari Malaysia yang di lakukan dengan dua jalur, yaitu jalur transfer dimana mahasiswa melanjutkan kuliah di UIN Ar-Raniry, dan jalur kedua mereka mengikuti tes untuk masuk mulai semester pertama, tes telah dilaksanakan di Malaysia dan diikuti oleh lebih kurang 16 sekolah menengah yang ada di Malaysia.

“Hubungan UIN Ar-Raniry dan Aceh dengan Malaysia bukan lah hal yang baru, oleh karena itu setiap pertemuan dan silaturrahim yang dilakukan oleh UIN Insyaallah aka nada tindak lanjut, sehingga ke depan dapat ditingkatkan kerjasama.

Hal senada juga disampaikan Rektor UnisZA Terengganu Professor Datuk Dr. Yahya bin Ibrahim, menurutnya proses penendatanganan naskah kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan silaturrahim dan dapat menjalankan program-program antara UIN Ar-Raniry dengan UnisZA, sehingga jika dapat dijalankan dengan baik maka akan memperoleh hasil yang baik, terutama bidang peningkatan mutu pendidikan.

Yahya menyebutkan, saat ini UnisZA memiliki 10 Fakulty dengan total 9.000 mahasiswa di berbagai program studi yang ada di sana, hampir semua Fakulty di UinisZA telah memiliki program pascasarjana dan program Doktor.

“ Kita berharap dengan penandatanganan nasakah kerjasma ini, UIN dan UnisZA dapat menghasil program-program pendidikan yang mengedepankan mutu dan kualitas,” imbuh Datuk Yahya.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama dr. H. Syamsul Rijal Sys, M.Ag menyebutkan, bidang kerjasama yang dilakukan dengan UnisZA antara lain tentang pertukaran pelajar atau mahasiswa baik dijenjang sarjana satu, magister ataupu doctor bagi kedua kampus ini.

Selanjutnya kata Warek III, kerjasama dilakukan terkait dengan pertukaran tenaga pengajar baik dari UIN Ar-Raniry ke UnisZA maupun sebaliknya, hal ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan antar bangsa, serta hal lain terkait dengan peningkatan mutu seperti penelitian, pengabdian dan penerbitan.

BAGIKAN

KOMENTAR