UIN Ar-Raniry Kembangkan UKTB Otomatis

0

BANDA ACEH –Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali melakukan pengembangan dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat kampus lainnya, salah satunya saat ini kampus Ar-Raniry telah mengembangkan sistem uang kuliah tunggal berkelanjutan (UKTB) secara otomatis.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Pangkalan Data UIN Ar-Raniry Nazaruddin Musa, ,S.Ag,SIP,MLIS usai Presentasi Kesiapan Sistem Akademik Online dan rencana pengembangan sistem online lainnya di Ruang Sidang lantai 3 Biro Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Selasa 8 September 2015.

Pada sistem online yang baru di UIN Ar-Raniry, salah satu fitur yang sangat membantu adalah adanya fitur penyeleksian UKTB yang dapat dilakukan secara otomatis oleh sistem yang telah dibangun oleh UIN Ar-Raniry saat ini.

“Misalnya, mahasiswa yang mendaftar, setelah melengkapi datanya dengan lengkap maka sistem dapat menyeleksi dengan konfigurasi khusus, selanjutnya diatur sesuai dengan yang telah tetapkan, maka sistem akan menentukan dengan sendirinya berapa orang yang akan masuk ke katagori tertentu sesuai dengan yang ditentukan oleh UIN,” katanya..

Nazar Musa mencontohkan, dengan konfigurasi khusus ini, jika ingin diberikan kouta dengan beberapa katagori dan disesuaikan dengan jumlah mahasiswa per prodi, maka secara otomastis sistem akan mengeluarkan sejumlah orang sesuai dengan yang telah dikonfigurasikan tadi,

“Kesulitan dulu, sebelum ada sistem ini adalah, di mana sangat sulit untuk memilih dari sekitar 5000 mahasiswa baru, untuk dipilih yang dan dikatagorikan biaya SPP-nya sesuai dengan data yang diberikan. Namun dengan sistem sekarang dapat membantu bagian akademik UIN Ar-Raniry untuk menentukan mahasiswa yang akan membayar SPP sesuai dengan katagorinya,” ungkapnya.

Selama ini jelas Nazar Musa, UIN Ar-Raniry telah mengembangkan beberapa sistem online lainnya, antara lain sistem pendaftaran atau PMB Online, E-Dosen, E-Mahasiswa, E-Akademik hingga ditingkat prodi dan E-Biro,

“Jadi fungsi sistem ini secara struktural, bahwa pada tingkatan E-Biro sebagai pengontrol terhadap kebijakan UIN Ar-Raniry, operator prodi bertugas meng-update status mehasiswanya, baik itu mengisi KRS/KHS serta hal lain yang menjadi tanggung jawab masing-masing prodi di setiap Fakultas, dan masing-masing telah diberikan tugas,”tambahnya..

Sementara itu Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajidi Ibrahim, MA mengajak kepada seluruh pimpinan dan staf di Lingkungan UIN Ar-Raniry untuk memanfaatkan program-program baru serta system online yang telah dijalankan di UIN Ar-Raniry.

Disebutkan, program cyber campus ini telah direncanakan empat tahun yang lalu, tim cyber bentuk pada dua tahun yang lalu dan saat ini hasilnya sudah dapat digunakan oleh seluruh masyarakat kampus UIN Ar-Raniry, ini telah menjadi wajib bagi setiap kampus.

“Atas nama pimpinan, kami memberikan apresisi kepada tim pengembangan IT kampus UIN Ar-Raniry dan teman-teman di Pusat Komputer, pimpinan terus memberikan dukungan untuk keberlangsungan dan pengembangan program ini,” ujar Farid.