Velly Hidayat Tunaikan Janji Biaya Pemasangan Listrik Untuk Rumah Warga di Kecamatan Labuhanhaji Timur

0
Velly Hidayat saat mengunjungi kediaman Sarmilaini, didampingi Sekdes Gampong Paya Peulumat Aliyuddin dan Attaillah. (foto/FJ).

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Anggota DPRK Aceh Selatan Velly Hidayat telah menunaikan janjinya membiayai pemasangan listirk di kediaman Sarmilaini (69) warga Gampong Paya Peulumat Kecamatan Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya saat mengunjungi kediaman Sarmilaini sebagai penerima bantuan Rumah Layak Huni (RLH) TA 2019, Velly Hidayat bersama istri Plt Gubernur Aceh Dyah Erti Idawati,  PPTK wilayah Asel-Siumeulu Dinas Perkim Provinsi Aceh Arif Khairullah, ST., Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Perkim Aceh Selatan Muchsin, ST., pernah berjanji untuk menanggulangi biaya pemasangan listrik untuk rumah bantuan yang kini di tempati sarmilaini.

Pada kunjungannya kali  ini, Senin (16/03/2020) sore, Anggota DPRK Aceh Selatan dari Dapil 1 itu disambut Sekdes Gampong Paya Peulumat Aliyuddin serta warga.

Baca juga: Velly Hidayat, Tanggulangi Biaya Pemasangan Listrik Warga Kecamatan Labuhanhaji Timur

Politisi perempuan dari partai Demokrat tersebut menyebutkan, kunjungannya pada sore ini untuk memastikan apakah listrik di kediaman Sarmilaini sudah terpasang dengan baik atau belum.

“Alhamdulillah, sudah kita cek, listrik di rumah buk Sarmilaini sudah terpasang dengan baik, dan bola lampunya semua sudah bisa dinyalakan,” kata  Velly Hidayat.

Velly juga memaparkan, pada dasarnya bantuan Rumah Layak Huni merupakan amanah dari konstitusi di Indonesia. Dalam Undang-undang Dasar 1945, khususnya di Pasal 28,  Ayat 1, dinyatakan bahwa, “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hunian yang sehat, aman dan serasi.”

“Sedangkan ketentuan lainnya diatur dalam UU 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman disahkan oleh Presiden Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Januari 2011,” sebut Velly Hidayat.

Velly Hidayat saat memeriksa lampu disalah satu ruangan rumah bantuan layak huni yang ditempati Sarmilaini. (foto/FJ).

Untuk diketahui lanjut Velly Hidayat, Undang-Undang Nomor 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 7 dan Penjelasan Atas UU 1 tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman ke dalam Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5188 oleh Menkumham Patrialis Akbar pada tanggal 12 Januari, di Jakarta.

“Di Aceh, bantuan Rumah Layak Huni dilakukan oleh Dinas Perkim Provinsi melalui Dinas Perkim Kabupaten/Kota, juga Dinas/Lembaga/Instansi pemerintah terkait lainnya maupun swasta. Dan bantuan Rumah Layak Huni yang diterima oleh bu Sarmilaini ini saat ini dilaksanakan oleh Dinas Perkim Provinsi melalui Dinas Perkim Kabupaten Aceh Selatan,” terang Velly Hidayat.

Masih di tempat yang sama, Velly juga mengucapkan terimakasih kepada kepada Keuchik Gampong Paya Peulumat Edi Saputra atas kesediannya meluangkan waktu untuk mengajukan pemasangan listrik di kediaman Sarmilaini kepada pihak PLN Cabang Labuhanhaji.

Mewakili Keuchik yang saat itu berhalangan hadir, Sekdes Gampong Paya Peulumat Aliyuddin mengucapkan terimakasih kepada Velly Hidayat.

“Kami atas nama Keuchik dan bu Sarmilaini serta warga Gampong Paya Peulumat, mengucapkan terimakasih kepada ibu Velly Hidayat yang telah menanggulangi biaya pemasangan listrik untuk kediaman warga kami yang baru ini menerima bantuan Rumah Layak Huni dari pemerintah Provinsi Aceh,” ucap Aliyuddin.

“Dengan terpasangnya listrik, di rumah bantuan yang diterima oleh warga kami, artinya rumah yang ditempati bu Sarmilaini ini benar-benar sudah layak untuk ditempati,” imbuh Sekdes Paya Peulumat tersebut.

Usai mengunjungi kediaman Sarmilaini, selanjutnya Velly Hidayat bertakziah ke kediaman mertua Keuchik Gampong Paya Peulumat yang tiga hari lalu meninggal dunia.