Wagub Hadiri Puncak Peringatan Hari Juang Kartika

0
41

BANDA ACEH | LA – Wakil Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, mengadiri puncak peringatan Hari Juang Kartika ke 72 tahun 2017, yang di pusatkan di Lapangan Blang Padang, Jum’at 15 Desember 2017.

Ada kejadian unik sebelum upacara peringatan Hari Juang Kartika dimulai, secara bergantian Panglima Kodam Iskandar Muda, Letjen TNI Moch. Fachrudin S Ssos, Waki Gubernur Aceh, dan Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Bambang S, dikalungi karangan bunga oleh seekor gajah di depan tribun Sanggamara.

Gajah tersebut adalah satu dari 3 ekor gajah yang akan ambil bagian dalam Sosiodrama historikal kolosal yang mengangkat kisah tentang perjuangan Sultan Iskandar Muda melawan penjajah. Sosiodrama kolosal ini diperagakan oleh prajurit Kodam Iskandar Muda.

Usai memimpin Apel Gelar Pasukan, Pangdam Iskandar Muda menyerahkan bantuan santunan kepada 100 orang anak yatim dan menyerahkan bantuan kepada 817 masyarakat kurang mampu. Selain itu, Pangdam juga menyerahkan bantuan rehab rumah kepada veteran.

Untuk diketahui bersama, rangkaian kegiatan yang mengangkat tema ‘Manunggal dengan Rakyat TNI AD Kuat’ ini telah digelar beberapa kegiatan, diantaranya donor darah, operasi bibir sumbing, operasi katarak, operasi hernia serta pengobatan dan sunat massal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda, Wakil Wali Kota Banda Aceh, Sejumlah Kepala SKPA serta ribuan masyarakat yang antusias menyaksikan pertunjukan bela diri Yongmodo yang diperagakan oleh prajurit TNI AD Kodam Iskandar Muda.

Selain pertunjukan drama kolosal, peringatan Hari Juang Kartika juga diisi dengan pagelaran drama perjuangan Laksamana Keumalahayati memimpin pasukan Inong Balee menjaga kedaulatan laut Aceh dari serangan penjajah.

Sebagaimana diketahui, menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia beberapa waktu lalu, pejuang yang tercatat sebagai Laksamana Perempuan Pertama dunia itu baru saja dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah RI.

BAGIKAN

KOMENTAR