Wakil Ketua MPU Minta DSI Aceh Singkil Periksa Jinal

0
22

BANDA ACEH|LA –  Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Provinsi Aceh, Tgk.H.Faisal Ali menegaskan, Jinal warga kampung Sebatang, kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil  yang membuat pernyataan pindah Agama dari Islam ke Kristen Protestan telah melanggar Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2015 tentang  pembinaan dan perlindungan aqidah.

“Kalau dia pasti Islam pernyataan yang dia buat itu dia murtad. Orang yang murtad itu didalam Islam di Aceh ini ada Qanun tentang  perlindungan aqidah. Jadi kita harapkan kepada aparat wilayatul hisbah (WH) di Singkil, pihak terkait akan memproses ini penegakan qanun, undang-undang yang belaku di Aceh itu harus ditegakkan. Kalau betul-betul dia Islam pindah ke keristen”.

Penegasan itu dikatakan H Faisal Ali menjawab liputanaceh, Seinni, 11 September 2017 di Banda Aceh menanggapi aksi Jinal, seorang pria di Singkil  yang membuat pernyataan pindah agama kepada panitia pemilihan kepala desa sebagaimana diberitakan media online liputanaceh.com.

Jinal ,salah seorang warga kampung  Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah , Aceh Singkil ini membuat kabar mengejutkan terkait keikut sertaannya menjadi calon kepala kampung Sebatang.

Jinal membuat sebuah surat pernyataan pindah agama yang ditujukan kepada panitia pemilihan (P2K) Kampung Sebatang, tertanggal pada  5 September 2017.

“Dengan ini saya sampaikan kepada panitia pemilihan (P2K) kampung sebatang kecamatan gunung meriah, kapubaten Aceh singkil bahwa seseuai dengan surat pernyataan  yang saya  lampirkan bahwa saya sudah berpindah agama, dari agama islam ke Agama Kristen Protestan,” tulis Jinal dalam surat tersebut.

Selanjutnya, ia menyatakan bahwa “ Demikian surat pemberitahuan ini saya sampaikan agar panitia pemilihan (P2K) Kampung sebatang mengetahuinya,”  tambah Jinal dalam surat yang dilampirkan itu.

Surat pernyataan Jinal juga sudah menyebar di Media sosial (medsos) itu , menerangkan bahwasanya surat pindah agama itu, juga ditembuskan kepada Kadis syariat Islam Kabupaten Aceh Singkil, KUA Kecamatan  Gunung meriah, Imam Mukim Kemukiman Penaga, PJ Kepala Kampung Sebatang, Imam Masjid Kampung Sebatang ,  Pembina FUI Aceh  Singkil, dan Arsip. Uqubat  60 Kali

Ditegaskan Faisal, kalau betul-betul dia Islam pindah ke kristen harus ditegakkan qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pembinaan dan Perlindungan Aqidah. Dia bisa dihukum cambuk 60 kali, katanya.

Dalam Bab III terkait larangan, kata Faisal merinci isi qanun Aceh ini, Pasal 7 terdiri dari enam ayat yaitu :

(1) Setiap orang Islam dilarang dengan sengaja mengeluarkan pernyataan dan/atau melakukan perbuatan keluar dari Islam.

(2) Setiap orang dilarang dengan sengaja melakukan perbuatan yang dapat menyebabkan orang lain keluar dari Islam.

(3) Setiap orang dilarang dengan sengaja menyebarkan Aliran Sesat.

(4) Setiap orang dilarang dengan sengaja menyediakan fasilitas atau memberi peluang yang patut diduga digunakan untuk penyebaran Aliran Sesat.

(5) Setiap orang dilarang dengan sengaja menuduh orang lain sebagai penganut atau penyebar Aliran Sesat.

(6) Setiap orang dilarang dengan sengaja menghina atau melecehkan Aqidah.(KS)

 

BAGIKAN

KOMENTAR