Wakil Rektor UIN, Prof Syamsul Rijal Ajak Hormati Ulama

0
176
Wakil Rektor III Prof Syamsul Rijal (mengenakan peci hitam), sedang bersilaturrahim dengan ulama. Foto: Instagram

Liputanaceh.com | Wakil Rektor III yang membidangi bagian kemahasiswaan yang juga guru besar di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Prof Dr Syamsul Rijal M.Ag, mengajak masyarakat supaya dapat menghormati ulama. Hal itu disampaikan Syamsul Rijal melalui sebuah foto yang diunggahnya di akun media sosial Instagram, pada Selasa 21 November 2017.

Dalam unggahannya itu, mantan Dekan Fakultas Ushuluddin yang kini menjadi Wakil Rektor III di salah satu universitas terkenal di Aceh itu tampak sedang melakukan interaksi dengan salah seorang ulama. Keduanya tampak sedang tersenyum mesra dan begitu akrab.

“#srjsilaturrahim. Hormatilah Ulama,” tulis Syamsul Rijal pada keterangan foto yang diunggahnya itu.

Ulama memang menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan umat Islam, yang dianggap sebagai sosok paling berperan dalam membina umat menuju arah kebaikan. Islam bahkan menyatakan bahwa seorang ulama merupakan pewaris para nabi, sehingga sudah sepantasnya para ulama dihormati, bukan malah mengejek dan mencaci mereka.

Sikap yang ditunjukkan guru besar Ilmu Filsafat Islam di UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini tentu merupakan sikap yang sangat mulia, meskipun bergelar seorang Profesor, atau gelar tertinggi yang diberikan dunia kampus kepada akademisi, namun kecintaan dan penghormatannya begitu besar terhadap para ulama.

Sebelumnya, terdapat dua orang oknum akademisi yang juga berasal dari kampus terkenal di Aceh, telah mengeluarkan kata-kata yang tidak bijak yang terkesan mengejek ulama dayah.

Baca : Buat Status Menghina di Facebook Seorang Dosen Unsyiah di Hujat Natizen

Hadirnya status mengejek dan terkesan menghina terhadap ulama, dari oknum akademisi itu tentu saja tidak serta merta menjadikan semua akademisi pada kampus-kampus yang ada di Aceh setuju dengan pernyataan mereka, buktinya masih banyak akademisi yang sangat menghormati para ulama, seperti sikap yang ditunjukkan Prof Dr Syamsul Rijal tersebut.

Unggahan Syamsul Rijal ini tentu juga merupakan kritikan pedas bagi akademisi yang telah menuliskan status facebook yang diduga kuat sengaja mengejek ulama-ulama dayah, yang seharusnya tidak dilakukan sebagai orang yang dijadikan suri teladan oleh para mahasiswa.

Baca : Dua Oknum Akademsi Ini di Kecam Karena Status Facebooknya

Foto kebersamaan dan keakraban yang diunggah di akun @syamsulrijal7 ini diharapkan mampu memberikan hikmah untuk saling menghargai antara akademisi dan para ulama dalam menjaga marwah masyarakat Aceh agar tidak terjadi pecah belah diantara keduanya. Apalagi akademisi-ulama merupakan elemen penting dalam mencerdaskan umat. (Hidayat Pulo Aceh)