Warga Gampong Pisang Laksanakan Penyembelihan Hewan Qurban Hari Ini

0
Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1441H, penyembelihan dan penyaluran hewan Qurban, oleh warga dilaksanakan di komplek SMP Muhammadiyah, Gampong Pisang, Kec. Labuhanhaji, Kab. Aceh Selatan.

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Kisah keihklasan Nabi Nabi Ibrahim AS atas perintah ALLAH SWT, untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS, sebagai Qurban,  kemudian ALLAH ganti dengan hewan ternak berupa domba, menjadi peristiwa penting dan sakral bagi ummat Islam di dunia.

Kisah Nabi Ibrahim AS, dengan putranya Nabi Ismail AS, tersebut, selain diabadikan dalam kitab suci Al Qur’an, juga sebagai awal penyembelihan hewan Qurban yang merupakan bagian tak terpisahkan dari setiap Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan oleh ummat Islam dimanapun berada.

Begitupun di Gampong Pisang, penyembelihan hewan Qurban pada Hari Raya Idul Adha 1441 Hijrah, dilaksanakan oleh warga setempat di komplek SMP Muhammadiyah Gampong Pisang, Kec Labuhanhaji, Kab Aceh Selatan, Sabtu (01/08/20).

Adapun Panitia yang diamanahkan mengkoordinir penyembelihan dan penyaluran daging qurban antara lain; Tgk Firman, SP, Tgk Kamarul Zaman, Tgk Jumari, Tgk Mailizar,  Tgk Fauzan dan Keuchik Gampong Pisang Sudirman serta dibantu para pemuda dan warga gampong setempat.

Keuchik Gampong Pisang Sudirman menyebutkan, pemilihan waktu pelaksanaan peyembelihan hewan qurban pada hari ini, sebelumnya merupakan hasil musyawarah antara Panitia dengan Perangkat Desa, Adat dan Hukum di Gampong Pisang.

“Alhamdulillah, ada 11 ekor sapi an 3 ekor kambing, hewan qurban dari saudara-saudara kita yang kita sembelih dan bagikan kepada warga hari ini,” ujar Sudirman.

Sudiman mendo’akan, kepada saudara-saudara kita yang  telah berqurban pada Idul Adha 1441H ini, semoga menjadi pribadi yang iklhas, serta lebih dekat dan taqwa kepada ALLAH.

“Begitupun bagi saudara-saudara yang menerima, semoga bermanfaat dan berkah,” imbuhnya.

Keuchik Gampong Pisang itu juga menghimbau kepada masyarakat, pada Idul Adha tahun ini, agar tidak berpergian ke tempat-tempat yang tidak perlu. Mengingat kondisi ODP dan PDP covid-19 di Aceh Selatan meningkat tajam dalam beberapa hari ini.

“Kita harap warga kita dapat menjaga diri, keluarga dan lingkungan agar tidak berpergian ke tempat keramaian yang tidak perlu, agar terhindar dari penularan covid-19,” demikian pungkas Sudirman.