Warga Kecamatan Tangse Merelokasikan Makam

0
99
Debit air semkin tinggi di krueng Tangse

PIDIE |LA- Warga Gampong Layan, Kecamatan Tangse, Pidie kembali merelokasi seluruh makam yang berada di tepi sungai karena dikhawatirkan tergerus banjir.

“Warga merelakan untuk merelokasi semua makam keluarganya ke tempat pemakaman umum lain,” kata keuchik gampong setempat kepada wartawan, Selasa 28 November 2017.

Lima makam tersebut terpaksa warga memindahkannya ke tempat lain takut terbawa arus sungai. Dia menyebutkan, diantaranya ada belasan makam lagi yang akan direlokasi hari ini, Selasa (28/11). Sedangkan dua hari lalu lima makam sudah direlokasi.

Namun demikian,  sebut Tarmizi, aliran sungai yang masih mengalir sangat deras akibat curah hujan masih tinggi sehingga terjadi pengerusan bantaran yang mengancam tempat pemakaman dan kemukiman penduduk.

“Sejauh ini belum ada penanganan dari pemerintah setempat untuk mencegah terjadi erosi,” katanya.

Saat ini Kepala pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Apriadi mengatakan, pihaknya sudah meminta Dinas PUPR setempat agar cepat menurunkan alat berat ke lokasi yang terdampak banjir untuk mengatasi agar erosi tidak meluas, namun sampai sekarang belum ditanggapi.

“Semestinya persoalan erosi sudah bisa ditangani kemarin oleh dinas terkait,” ungkapnya. (RJ)

BAGIKAN

KOMENTAR