Wujud Kepedulian Sosial Kodim 0101/BS Bantu Masyarakat  

0
24

BANDA ACEH|LA – Salah satu merupakan tugas pokok TNI AD ialah Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang meliputi pemberdayaan pertahanan wilayah yang bisa diimplementasikan dalam bentuk pembinaan teritorial (Binter).

Hal ini juga untuk membantu tugas Pemerintah Daerah guna menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan, sehingga Binter harus dilaksanakan secara terus menerus dengan melibatkan instansi maupun komponen bangsa lainnya secara terpadu.

Berkaitan dengan itu, sebagai wujud kepedulian sosial Kodim 0101/BS dengan membantu masyarakat penderita penyakit mata Katarak di wilayahnya, melakukan screening Operasi Katarak. Kegiatan ini dilakukan di Rumah Sakit tingkat II Iskandar Muda, Jalan T. Angkasa Bendaraha Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh, Jum’at (29/09/2017).

Komandan Kodim 0101/BS Letnan Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP, saat di konfirmasi menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka Bakti Sosial (Baksos) Operasi Katarak, menyambut Hari Ulang (HUT) Tahun ke 72 TNI Tahun 2017. Hal ini juga bersifat positif dalam merespon kesulitan masyarakat yang menderita penyakit mata Katarak.

“Ini kegiatan positif, merespon kesulitan masyarakat yang menderita penyakit mata terutama untuk meringankan beban finansial mereka, melalui kegiatan Bakti Sosial dalam rangka HUT ke 72 TNI Tahun 2017,” ucap Letkol Inf Iwan.

Dandim juga menyampaikan, pada kegiatan ini, pihaknya membawa sebanyak 52 orang masyarakat dari hasil pendataan yang telah dilakukan sebelumnya di wilayah jajaran. Kemudian, dilakukan pendaftaran sebagai pasien menderita sakit mata Katarak, untuk di Screening atau pemeriksaan.

“Dalam kegiatan ini, kami membawa 52 orang masyarakat dari wilayah yang telah terdata dan dilakukan pendaftaran untuk di screening,” kata Dandim.

Kemudian, Dandim menambahkan, dari hasil screening tersebut. terdapat 19 orang yang akan dilakukan operasi, sementara lainnya hanya mengalami sakit mata biasa.

“Setelah dilakukan Screening, hanya 19 orang yang akan di operasi, sementara lainnya hanya mengalami sakit mata biasa,” ucap Dandim.

Selanjutnya, 19 orang pasien yang telah dilakukan screening dan benar mengalami sakit mata Katarak, akan dilakukan operari, pada hari Sabtu, 30 September nanti, sementara itu, mulai mala mini, pasien telah berada di ruang Malahayati dengan di damping oleh Babinsa.

“Besok Pagi, 19 orang pasien tersebut akan di operasi dan mulai mala mini pasien telah berada di ruang Malahayati dengan di damping Babinsa,” imbuh Dandim,’’(AA)

 

BAGIKAN

KOMENTAR