Zulfajra Sosok Guru Aceh Pertama yang Berhasil Raih Juara I Lomba Inobel Tingkat Nasional

0

Jakarta I liputanaceh.com– Zulfajra SPd, guru Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Aneuk Nanggroe Lhokseumawe, Aceh meraih Juara I Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tingkat Nasional Tahun 2019.

Zulfajra merupakan guru Aceh pertama yang berhasil menjadi Juara I Lomba Inobel tingkat Nasional. Raihan Juara I diperoleh setelah ia berhasil mengalahkan ribuan pendaftar Inobel Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus pada Sabtu (30/11) di Jakarta.

Anggota Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Lhokseumawe itu menjelaskan bahwa pendaftar Lomba Inobel tersebut sejumlah 1800 peserta. Dari jumlah tersebut, lanjut Zulfajra, 400 peserta lolos proposal penelitian. 400 peserta yang lolos proposal penelitian, kata Zulafjra, diundang mengikuti pendampingan dan 120 diantaranya lolos sebagai finalis.

“Alhamdulillah saya berhasil menjadi Juara I Lomba Inobel tingkat Nasional. Prestasi ini saya persembahkan untuk seluruh siswa SLBN Aneuk Nanggroe, dewan guru serta seluruh warga SLBN Aneuk Nanggroe dan tentunya masyarakat Aceh, ucap Zulfajra.

Lebih lanjut, Zulfajra menambahkan bahwa Aceh berhasil mengirimkan 3 (tiga) Finalis Lomba Inobel yaitu Zulfajra SPd (guru SLBN Aneuk Nanggroe), Zora Fitriana SPd dan Nurlinawati SE SPd (keduanya guru SLB Cinta Mandiri Lhokseumawe).

Ketua IGI Kota Lhokseumawe, Jon Darmawan MPd menjelaskan bahwa prestasi yang diraih Zulfajra merupakan yang pertama kali diraih guru Aceh sejak lomba tersebut berubah format menjadi Lomba Inobel.

“Prestasi ini menjadikan Zulfajra sebagai guru Aceh pertama yang meraih Juara I Lomba Inobel Tingkat Nasional. Saya sangat berharap agar Dinas Pendidikan Aceh memberikan pendampingan kepada para guru agar mau berpartisipasi pada Lomba Inobel yang setiap tahun dilaksanakan,” kata Darmawan yang pernah menjadi Finalis Inobel Guru SMA tingkat Nasional tahun 2016 dan 2018 itu.

Adapun juara Lomba Inobel Jenjang SLB adalah Juara I diraih Zulfajra SPd dari SLBN Aneuk Nanggroe Lhokseumawe, Aceh, Juara II diperoleh oleh Eka Sari Lukitawati SPSi dari SLBN Kota Tegal, Jawa Tengah, dan Juara III jatuh pada Vinna Mei Astuti SPd dari SLB Jobor koharjo, Jawa Tengah. (*

Sumber: ACEHSIANA.COM